Jumat, 14 Jun 2024 02:17 WIB

Begini Cerita Surya Paloh Gandeng Anies Baswedan Jadi Capres NasDem

  • Reporter : Ade Resty
  • | Sabtu, 02 Sep 2023 16:35 WIB
Anies Baswedan dalam deklarasi Capres dan Cawapres

Anies Baswedan dalam deklarasi Capres dan Cawapres

selalu.id - Dideklarasikan secara resmi menjadi Calon Presiden usungan dari NasDem dan PKB, Anies Baswedan bererita awal mula ia ditawarin menjadi Capres dalam Pemilu 2024 dari Ketua Umum Partai NasDem ketika Surya Paloh menelepon dirinya saat sedang berada di Jalan Tol menuju Bekasi.

“Bisa ke DPP Nasdem? Saya jawab bisa, saya pikir saya ini diajak ngopi sore. Eh ternyata, saya ditawari untuk menjadi Calon Presiden RI 2024,” ujar Anies Baswedan saat deklarasi dirinya dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Hotel Majapahit Surabaya.

Baca Juga: Pengancam Bunuh Anies Baswedan Ditetapkan Jadi Tersangka, Polda Jatim Ungkap Motifnya

Anies mengungkapkan, Surya Paloh sedikit memaksa dirinya untuk segera memutuskan mau atau tidak tawaran menjadi Capres dari NasDem. Saat itu, ia mengaku hanya punya waktu sebentar.

“Iya atau tidak tawaran Pak Surya Paloh itu butuh waktu cepat untuk merespon,” ungkapnya.

Ia pun menilai, Surya Paloh mengambil keputusan menunjuk dirinya bukan untuk partai, pribadi, atau keluarganya. Namun, ia diharapkan untuk tujuan yang lebih besar yakni arah Indonesia lebih baik lagi ke depan.

Baca Juga: Anies Baswedan Singgung Kemenhan Habiskan Rp700 T Beli Alutista Bekas, Begini Klarifikasi Timses

“Koalisi Nasdem, PKB, dan PKS dibangun dengan cita-cita mulia. Bukan sekadar untuk kekuasaan. Jika dulu anak-anak muda memukul mundur kolonialisme. Sekarang, mari gelar kesejahteraan untuk Indonesia ke depan,” imbuhnya.

Dia berharap kehadiran PKB yang dinakhodai oleh Cak Imin bisa mengisi rongga dan warna yang belum ada dalam demokrasi Indonesia. Sementara itu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyatakan deklarasi Anies-Cak Imin dengan ucapan selamat datang politik Kebhinekaan yang menyatukan semua kompenen-kompenen dengan penghargaan plutralisme yang kokoh seutuhnya.

"Kita hadirkan pemimpin yang mampu untuk membangun negeri. Insyallah dengan cobaan, tantangan, rintangan dan mungkin kita hadapi.

Baca Juga: Anies Baswedan Tanggapi Aturan KPU Terkait Bahasa Singkatan Tak Familiar di Debat Capres Ketiga

Ia menyebut dengan deklarasi inin komitmen yang mengikuti nilai perjuangan untuk mengantarkan pasangan Anies-Cak Imin hingga akhir Pemilu 2024.

"Selamat bung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dan Muhaimin Iskandar sebagai Calom Wakil Presiden," tegasnya.

Editor : Ading