• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 14 Apr 2024 21:17 WIB

Hore! Bunda PAUD di Surabaya Akan Dikuliahkan Gratis oleh Pemkot

Kepala Dinas Pendidikan Supomo besama siswa SD

Kepala Dinas Pendidikan Supomo besama siswa SD

selalu.id - Dinas Pendidikan Kota Surabaya terus berupaya melakukan inovasi meingkatkan pendidikan di Kota Surabaya. Salah satunya dengan program mengkuliahkan bunda PAUD secara gratis.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo mengatakan, tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik para bunda PAUD. Diketahui, usia Balita

Baca Juga: Ketua PSI Gubeng Jadi Tersangka Pelecehan Remaja Penghuni Panti Asuhan

itu merupakan golden age, sehingga latar belakang tenaga pendidiknya harus benar-benar sesuai dan mempuni.

"Kami membuat program kuliah gratis khusus D3 dan D4 di Politeknik NSC Surabaya," ujar Supomo, Kamis (23/12/2021).

Lebih lanjut Supomo menyampaikan, untuk tahun 2021 disediakan slot 200 orang, lalu tahun 2022 disiapkan slot 200 orang, dan tahun 2023 juga sebanyak 200 orang.

"Karena slotnya 200 orang dan di Surabaya ada 154 kelurahan, maka nantinya setiap kelurahan bisa mengirim satu atau dua orang bunda paud untuk mengikuti beasiswa gratis ini," ujarnya.

Supomo berharap dengan pembagian ini diatur sedemikian rupa agar merata di setiap wilayah.

Direktur Politeknik NSC Surabaya, Rudianto mengatakan, minat Bunda PAUD sangat tinggi untuk mengikuti prorgam yang meningkatkan kualitas mereka tersebut.

"Sudah banyak yang tanya-tanya dan konfirmasi ke saya langsung. Bahkan, saat ini sudah banyak yang daftar karena batas akhir pendaftaran 24 Desember 2021," kata Rudianto.

Baca Juga: Wali Kota Eri Cahyadi Apresiasi Kegigihan Pelaku UMKM Jahit di Surabaya

Rudianto menambahkan, khusus angkatan tahun 2021 ini akan mulai perkuliahan pada bulan Januari sampai Februari untuk semester gasal. Karena mereka akan mengikuti sistem percepatan.

"Jadi, mereka akan kuliah di bulan Januari-Februari untuk semester gasal, dan mulai Maret langsung masuk semester genap," katanya.

Selain itu, ada persyaratan yang harus memenuhi untuk mengikuti program ini, yakni lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, dan usianya maksimal 40 tahun, serta siap menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Sedangkan syarat administrasinya adalah harus fotocopy ijazah dan SKHUN 2 lembar, foto berwarna 4X6 sebanyak 2 lembar, dan fotocopy KTP dan KK.

Baca Juga: Rumah Usaha di Jalan Tembok Surabaya Terbakar, 14 Unit Damkar Dikerahkan

"Yang pasti, KTP-nya harus Surabaya atau harus warga Surabaya," tegasnya.

Adapun program studi yang ditawarkan adalah D4 MPI (Manajemen Pemasaran Internasional), D4 PP (Pengelolaan Perhotelan), D3 AB (Administrasi Bisnis), D3 AK (Akuntansi), D3 TK (Teknologi Komputer).

Nantinya, kata dia, para bunda paud diharapkan bisa memilih jurusan yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kualitas pengajarannya.

"Jadi, dari sisi materi saya yakin bisa untuk diberikan kepada anak-anak paud, yang jelas nanti diarahkan ke keahliannya untuk memberikan pendidikan terapan kepada anak-anak paud," pungkasnya. (Ade/SL1)

Editor : Redaksi