Selasa, 23 Jul 2024 22:45 WIB

Begini Aksi Wali Kota Eri Pada Teaterikal Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit Surabaya

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 17 Sep 2023 19:56 WIB
Aksi teaterikal perobekan bendera Belanda di Hotel Majapahit Surabaya

Aksi teaterikal perobekan bendera Belanda di Hotel Majapahit Surabaya

selalu.id - Pemerintah Kota Surabaya menggelar pertunjukan teatrikal peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Majapahit, Jalan Tunjungan, Minggu (17/9/2023).

Pagelaran itu untuk memperingati peristiwa perobekan bendera Belanda di Gedung yang dulu bernama Hotel Yamato pada 10 November 1945 silam.

Baca Juga: Komisi A DPRD Surabaya Minta Pemkot Rotasi Petugas Dishub

Ribuan masyarakat antusias menyaksikan aksi teatrikal tersebut. Tercatat, aksi ini juga dihadiri 1.300 orang veteran serta ratusan pelajar.

"Alhamdulilah perobekan hari ini semakin banyak antusias penonton yang ingin melihat. Ini menunjukkan jiwa perjuangan di Surabaya semakin meningkat,"kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, usai acara teatrikal, kepada selalu.id.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Alokasi APBD untuk Rumah Ibadah Bisa Terlaksana

Eri menjelaskan bahwa teatrikal perobekan bendera Belanda ini selalu berbeda setiap tahunnya. Ia menyebut aksi teaterikal menggambarkan keberanian pemuda-pemuda yang biasa disebut arek Surabaya merobek warna biru pada bendera Belanda hingga menjadi bendera merah putih.

"Alhamdulilah teatrikal tahun ini berbeda. setiap tahun berbeda, sehingga menarik. Yang lihat tak hanya dari Surabaya tapi luar Surabaya juga banyak,"jelasnya.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Alokasi APBD untuk Rumah Ibadah Bisa Terlaksana

Dalam momen memperingati peristiwa perobekan bendera belanda ini, Eri menegaskan, meski sudah merdeka Indonesia harus berani tak hanya menyobek bendera biru Belanda. Namun juga permasalahan kemiskinan, kebodohan, Stunting dan lainnya.

"Diperlukannya semangat arek Suroboyo untuk kemerdekaan surabaya dari stunting, kebodohan, kemiskinan," pungkasnya.

Editor : Arif Ardianto