Senin, 15 Jul 2024 03:00 WIB

Imbas Ketakpastian Ekonomi, 45 Persen Pelaku Usaha Tak Lakukan Ekspansi

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani

selalu.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkap bahwa sekitar 45 persen kalangan pelaku usaha memilih untuk tidak melakukan ekspansi saat ini. Hal tersebut menjadi salah satu indikator imbas ketidakpastian ekonomi dari kebanyakan pelaku usaha.

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani mengatakan, bahwa data survei tersebut menjadi indikasi enggannya para pengusaha untuk bersikap agresif. Menurutnya, para pengusaha cenderung melihat kondisi terkini, terkait situasi ekonomi global hingga kebijakan ekonomi di masa transisi.

"Kalau kita masukkan dalam survei itu banyak juga produsen manufaktur. Nah itu ekspornya juga menurun lumayan, jadi banyak faktornya, tapi saya cuma memberikan indikasi bahwa mereka yang menyatakan tidak akan (ekspansi)," jelasnya, Kamis (27/6/2024).

"Kita tidak bisa mengatakan faktornya hanya pelemahan rupiah. Permintaan pasar juga menurun signifikan. Ekspor marketnya juga, di dalam negeri daya beli juga menurun," tambahnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengapresiasi beberapa langkah pemerintah dimana salah satunya yaitu dengan menerbitkan undang-undang cipta kerja atau Omnibuslaw dalam menggenjot investasi maupun perekonomian secara keseluruhan.

Namun demikian, ia juga menyebut dampak Omnibuslaw baru akan terlihat dalam jangka panjang. Dengan adanya upaya dari pemerintah tersebut, pihaknya juga mendukung secara penuh.

"Kita angkat topi untuk pemerintah membuat Omnibuslaw. Makanya kita dukung dari awal, cuma implementasinya butuh waktu. Makanya kita awalnya yang terlalu tinggi harapannya, mau semuanya diberesin, akhirnya tidak bisa terjadi di lapangan," tutup Shinta yang juga merupakan pendiri Dewan Bisnis Indonesia untuk Pembangunan Berkelanjutan (IBCSD).

Baca Juga: Kadin, APINDO dan HIPMI Gresik Salurkan Bantuan untuk Korban Tanah Longsor Bawean

Editor : Ading