• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 10:47 WIB

Kisah Alip, Difabel yang Selalu Hadir saat Bencana

Alip Budiarto saat berada di daerah bencana

Alip Budiarto saat berada di daerah bencana

selalu.id - "Dimana ada bencana, di situ ada Mas Alip", sebuah ungkapan yang pas untuk menggambarkan dedikasi dan pengabdian dari seorang Tagana bernama Alip Budiarto asal Kota Semarang. Alip Budiarto merupakan difabel tuna daksa yang bergabung menjadi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Semarang sejak 2017.

"Awalnya saya itu nggak tau apa itu Tagana, terus Tagana itu ngapain aja. Bahkan saya takut juga awalnya. Tapi setelah diajak teman untuk ikut Tagana kemudian saya coba untuk ikut. Setelah itu saya dilatih materi manajemen posko, manajemen dapur umum, dan sebagainya. Dari situ saya baru tahu Tagana", Kata Alip.

Baca Juga: Kemensos Tangani Bayi Tanpa Anus, Ortu: Baru Kali Ini Dapat Perharian

Meskipun kondisi fisiknya penuh keterbatasan, namun ia selalu terjun ke lapangan saat terjadi bencana di daerahnya. Baginya, bisa membantu orang lain yang sedang kesusahan adalah sebuah kebanggaan tersendiri.

"Selama jadi anggota Tagana, saya sudah menangani beberapa bencana di Kota Semarang, terutama banjir dan tanah longsor. Dengan kondisi fisik saya yang terbatas yang bisa saya lakukan adalah membantu di dapur umum seperti mengiris cabai, bawang putih, bawang merah, dan sebagainya", kata Alip.

Baca Juga: Kisah Sukses Made Suliati, Penerima PKH di Bali dengan Berdagang Canang

Erwinda, rekan Alip sekaligus Ketua Tagana Kota Semarang mengaku bangga dengan kegesitan Alip saat menangani bencana. Menurutnya Alip sosok yang selalu hadir dan perperan nyata di setiap penanganan bencana, meskipun dengan kondisi fisiknya yang terbatas.

"Tekad, semangat dan pengabdiannya pantas menjadi contoh bagi siapapun. Sebagai Ketua Tagana Kota Semarang saya hormat dan bangga kepada Mas Alip," ujarnya berterus terang.

Baca Juga: Kemensos Beri Penanganan Menyeluruh Korban Rudapaksa di Lubuk Linggau

Atas dedikasinya yang luar biasa dalam penanganan bencana, pada tahun 2022 Alip mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dari Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Editor : Redaksi