Kamis, 20 Jun 2024 00:16 WIB

AirAsia Siapkan 350.000 Kursi Penerbangan Selama Lebaran

Foto: Maskapai AirAsia

Foto: Maskapai AirAsia

selalu.id - Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk. menyiapkan sebanyak 350.000 kursi penerbangan selama periode Lebaran 1445 H pada April 2024 yang berlangsung pada 3-18 April 2024.

Meski begitu, AirAsia telah menyiapkan berbagai langkah strategis dalam mengantisipasi lonjakan pemudik, salah satunya dengan menyediakan setidaknya 160 hingga 250 penerbangan tambahan untuk mengakomodir tingginya permintaan tiket pesawat selama periode Lebaran berlangsung.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine mengatakan, jumlah itu mengalami kenaikan sebesar 27 persen dibandingkan periode yang sama 2023.

"AirAsia Indonesia berupaya untuk mendukung pemerintah dalam mengendalikan tingginya animo masyarakat yang ingin mudik dengan menyediakan lebih banyak kapasitas armada," ujar Veranita, Kamis (14/3/2024).

Hal ini diharapkan dapat membantu menstabilkan harga tiket pesawat di pasaran dan tetap dapat dijangkau oleh para pemudik. Selain itu, AirAsia juga memastikan ketersediaan dan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan bagi para pemudik.

Mengacu data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jumlah pemudik yang akan bepergian menggunakan pesawat selama periode mudik Lebaran 2024 dari tanggal 3 hingga 18 April 2024 diprediksi mencapai 4,4 juta orang. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 12 persen jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023.

Veranita mengatakan, sepanjang 2023, sekitar 2,1 juta penumpang telah menggunakan penerbangan AirAsia Indonesia untuk bepergian ke berbagai destinasi di Indonesia.

Adapun, rute domestik yang dimiliki AirAsia Indonesia per Februari 2024 juga sudah mencapai 12 rute, dengan yang terbaru dibuka yaitu penerbangan Denpasar-Kupang dan Denpasar-Lampung.

"AirAsia Indonesia akan selalu memprioritaskan kenyamanan, keamanan dan keselamatan para penumpang dalam setiap penerbangannya. Seluruh staf AirAsia Indonesia telah terlatih untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menghadapi lonjakan penumpang selama periode Lebaran di setiap tahunnya," jelasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, personel keamanan terlatih juga siap siaga untuk membantu mengamankan dan menertibkan situasi di lapangan. Serta seluruh penumpang yang menggunakan penerbangan AirAsia di rute domestik akan mendapatkan gratis kuota bagasi kabin sebesar 7 kg dan kuota bagasi sebesar 20 kg.

Sebelumnya, manajemen AirAsia mengatakan, dalam proyeksi pada tahun 2024, AirAsia akan lebih berfokus kepada pemulihan penuh untuk keseluruhan armada pesawat milik perseroan. Seluruh maskapai AirAsia akan berdiri di bawah satu perusahaan, yakni AirAsia Aviation Group.

AirAsia juga berharap untuk dapat mengaktifkan kembali 191 pesawat pada akhir kuartal I/2024, dengan 166 di antaranya sudah kembali beroperasi sebelumnya. AirAsia memperkirakan kapasitasnya akan pulih hingga 83 persen pada akhir kuartal pertama 2024 dari sebelum pandemi dan akan terus bertumbuh di masa depan.

Baca Juga: Tiga Ribu Pekerja Migran Indonesia Tercatat Mudik di Momen Lebaran 2024

Editor : Ading