• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 23:22 WIB

Sikap Golkar Surabaya Pascapendaftaran Eri-Armuji di PDIP

Foto: Logo Golkar

Foto: Logo Golkar

selalu.id - Dewan Pemimpin Cabang (DPD) Golkar Surabaya menyebut bahwa pihaknya tetap mengusung nama calon petahana Eri Cahyadi dari kader PDIP untuk maju pilihan Wali Kota (Pilwali) 2024 nanti.

 

Baca Juga: Larang Study Tour SD-SMP ke Luar Kota, Wali Kota Eri Imbau Perbanyak Kegiatan Lokal

Terlebih lagi DPD Golkar telah mendapatkan surat penugasan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar terhadap calon Petahana Wali Kota Surabaya. Namun, hal itu tergantung apakah Eri Cahyadi atau partainya PDIP mau berkoalisi dengan Golkar.

 

“Nah tetapi surat penugasan itu sifatnya awal, tergantung dari kehendak kuat mas Eri, apakah masih mau diusung oleh partai Golkar, ataukah tidak,” kata Ketua DPD Golkar Surabaya Arif Fathoni, Jumat (3/5/2024).

 

Saat ini Golkar Surabaya, kata Toni, selalu memberikan masukan kepada Eri Cahyadi terhadap Pilkada 2024, sebagai entitas peserta demokrasi di Kota Surabaya itu tentang bagaimana melayani dengan baik masyarakatnya.

 

“Jadi masukannya tidak sekedar kepentingan kontestasi pemilukada saja, tapi masukkan kita adalah bagaimana pemerintahan yang berjalan itu semakin meningkatkan inovasinya agar peningkatan kualitas terhadap masyarakat dapat dipertahankan,” tegasnya.

 

Toni menegaskan bahwa Golkar sebenarnya bisa mengusung kadernya sendiri untuk maju Pilkada. Namun harus berkoalisi dengan partai lain karena membutuhkan 10 kursi untuk bisa mencalonkan kader sendiri.

 

“Kami punya stok kader banyak sebenarnya, untuk dimunculkan ke permukaan. semua berpulang kepada setiap proses komunikasi politik.” ujarnya.

 

Baca Juga: Ratusan PPK Dilantik Untuk Pilkada 2024, Begini Pesan Eri Cahyadi

“Karena kami menyadari, bahwa Golkar memiliki 5 kursi legislatif, tentunya kami tidak bisa mengusung calon sendiri,” tambahnya. 

 

Lebih lanjut Toni menyampaikan bahwa sebenarnya banyak kader Golkar yang pantas bisa dipasangkan menjadi wakil mendampingi Eri Cahyadi. Namun, PDIP Surabaya sudah mengusung Eri-Armuji kembali maju ke periode dua Pilwali 2024.

 

“Golkar tidak kehabisan stok (kader) sebenarnya. Ada banyak kader yang siap untuk dipasangkan, baik sebagai wakilnya mas Eri, atau sebagai calon kepala daerah,” tuturnya.

 

Rencananya Eri-Armuji bakal mendaftar pencalonan pilwali ke semua partai termasuk Golkar. Namun, Toni menegaskan bahwa Golkar Surabaya dilarang untuk membuka pendaftaran calon kepala daerah. 

Baca Juga: Ini Tujuan Eri Sowan ke Semua Parpol Jelang Pilwali Surabaya

 

“Ya kami menghormati desain masing-masing parpol ya, nah, Golkar punya desain tersendiri, jadi saya pikir menuju bulan Agustus ini semuanya masih dinamis. Tergantung dari ikhtiar saja,” ucapnya

 

Oleh karenanya, Ketua Komisi A DPRD Surabaya menyebut Golkar Surabaya hanya mengikuti keputusuan DPP untuk bisa mengusung kadernya snediri maju dalam pilkada 2024.

 

“Nah, makanya ini saya mendengar petinggi-petinggi partai di Jakarta sedang membangun komunikasi politik tentang pemilukada di kota Surabaya dan apapun keputusan DPP nanti, ya sebagai kader partai yang paling bawah, kami siap mengamankan itu dengan penuh kehormatan,” pungkasnya.

Editor : Ading