Kamis, 20 Jun 2024 01:12 WIB

Pemkot Surabaya Upayakan Semua UMKM Makanan Minuman Miliki Sertifikat Halal

  • Reporter : Ade Resty
  • | Jumat, 15 Mar 2024 16:10 WIB
Foto: Pemkot Surabaya

Foto: Pemkot Surabaya

selalu.id - Pemkot Surabaya mengupayakan untuk menambah jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam sektor penjualan makanan dan minuman (mamin) memiliki sertifikat halal.

"Kami terus kejar dengan berkoordinasi dengan banyak pihak untuk sertifikat halal bagi para UMKM," kata Kepala Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya Dewi Soeriyawati, Jumat (15/3/2024).

Dewi mengatakan pihaknya terus menggencarkan koordinasi dengan berbagai pihak yang rutin melaksanakan sertifikasi halal, seperti dengan pihak universitas, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya, dan perhimpunan pengusaha.

Sebab, kuota penerbitan sertifikat halal gratis per tahunnya dibatasi hanya untuk 100 UMKM, karena harus menyesuaikan dengan anggaran pemerintah kota.

"Karena sertifikat halal ini berbayar semuanya Rp350 ribu dan Rp2,5 juta. Anggaran kami setiap tahunnya memang dibatasi," ucapnya.

Dinkopdag mencatat sejauh ini baru sekitar 40 persen pelaku UMKM mamin di wilayah setempat yang sudah memiliki sertifikat halal.

Lebih lanjut, kata dia jika melihat persentase yang ada, maka baru sekitar 980 UMKM mamin di Surabaya tersertifikasi halal.

Sedangkan jumlah keseluruhan UMKM mamin di Kota Surabaya hingga tahun 2024 berada di angka 55.509 pelaku usaha.

"Target kami semuanya, makanya kami terus berkoordinasi untuk percepatan, selain melalui anggaran kami sendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Dorong Perkembangan Industri Halal, Pemprov Jatim Terbitkan Ratusan Ribu Sertifikat IKM

Editor : Ading