Jumat, 14 Jun 2024 02:28 WIB

Wali Kota Eri Sebut Kasus Kekerasan Anak di Surabaya Masih Wajar: Jumlahnya Sedikit

  • Reporter : Ade Resty
  • | Jumat, 19 Mei 2023 13:49 WIB
Wali Kota Eri Cahyadi

Wali Kota Eri Cahyadi

Selalu.id - Belakangan santer diberitakan seorang siswi SMP di Surabaya meninggal karena dibunuh dan diperkosa oleh teman dan mantan pacarnya sendiri.

Namun, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut bahwa kasus kekerasan pada anak yang terjadi di Kota Pahlawan masih dalam tahap yang wajar. Bahkan, Eri mengatakan melalui data Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) kasus kekerasan tersebut berjumlah sedikit.

"Kalau yang disampaikan PPA tetap wajar dan jumlahnya sedikit," kata Eri, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga: Wali Kota Eri Sebut Pemkot Surabaya Bakal Dirikan Dua Rumah Sakit Lagi


Eri menegaskan kasus kekerasan yang melibatkan anak tidak menjadi representasi kondisi anak di Kota Surabaya.

"Jumlahnya sedikit ya tidak bisa ketika ada kejadian satu, dua (kasus) menggebyok uyah (menyamakan) jumlah anak di Surabaya," tegasnya.

Meski begitu, Eri mengakui bahwa memang ada beberapa kasus yang terekspos apalagi menjadi viral. Sehingga, tampak kasus kekerasan anak terlihat tinggi.

"Tapi memang kejadiannya diekspos-ekspos tapi dilihat berapa jumlah anak di Surabaya beberapa yang mengalami itu," ujarnya.

Sebab itu, pihaknya tetap berkoordinasi dengan PPA Provinsi Jawa Timur. Bahkan, kasus kekerasan anak yang terjadi di Surabaya disebutkan hanya ada satu hingga dua kasus.

"Unit pelayanan anak Jatim mengatakan masih di bawah. tapi kami tidak ingin itu terjadi, sehingga kami kalau ada kejadian itu diekspos-ekspos memberikan warning untuk menjaga putra putrinya," jelasnya.

Lebih lanjut Eri menambahkan bahwa Pemkot Surabaya akan terus berkoordinasi dengan unit perlindungan anak di Jatim dan pihak Polrestabes. Serta mengajak kepada orang tua agar berperan aktif dalam menjaga putra-putrinya.

"Karena kita putra-putri tidak bisa diserahkan seorang guru, pada polrestabes untuk menjaga. Tapi bagaimana ortu mempunyai kasih sayang untuk nggoleki anak e lungo adoh-adoh," pungkasnya. (Ade)

Baca Juga: Ajak Gen Z Musrenbang di Kelurahan, Wali Kota Eri Saring Aspirasi Pemuda

Editor : Ading