• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 19 Mei 2024 00:44 WIB

Dhea, Gadis Asal Tulungagung yang Menjadi Satu-satunya Anggota Paskibraka di Istana Negara dari Pulau Jawa

Dhea Lukita Andriana, siswi kelas XII SMAN 1 Ngunut, Tulungagung yang kembali terpilih menjadi tim Paskibra HUT RI ke-75 di Istana Negara. Foto : Istimewa

Dhea Lukita Andriana, siswi kelas XII SMAN 1 Ngunut, Tulungagung yang kembali terpilih menjadi tim Paskibra HUT RI ke-75 di Istana Negara. Foto : Istimewa

Surabaya (selalu.id) - Masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi membuat junlah Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Istana Negara Jakarta harus berkurang. Kini, pasukan tang akan bertugas mengibarkan Merah Putih pada puncak perayaan HUT RI ke-75 hanya sebanyak delapan siswa.

Dari delapan siswa itu, satu diantaranya adalah gadis berasal dari Jawa Timur. Dhea Lukita Andriana atau akrab disapa Dhea itu tercatat sebagai siswi kelas XII SMAN 1 Ngunut, Tulungagung.

Baca Juga: Berpeluang Diusung PKB Maju Pilgub Jatim 2024, Begini Tanggapan KH Marzuki

Tidak hanya itu, Dhea juga merupakan satu-satunya perwakilan siswa dari Pulau Jawa yang terpilih menjadi anggota Paskibraka 2020. Hal itu menjadi salah satu kebanggan bagi warga Jawa Timur yang disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Masyarakat Jawa Timur harus berbangga. Sebab salah satu dari delapan orang anggota Paskibraka 2019 yang bertugas sebagai pengibar dan penurun bendera pusaka di Istana Negara pada perayaaan Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020 mendatang berasal dari Jawa Timur," kata Khofifah saat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (14/8/2020).

Baca Juga: Kick Off HDDAP, Pemprov Jatim Tingkatkan Kesejahteraan Petani Hortikultura

Apresiasi dan kebanggan itu disampaikan Khofifah langsung saat memberikan sambutan usai menyematkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Satyalancana Karya Satya pada 180 ASN Pemprov Jatim, kemarin sore. Melalui media sosial Instagram dari akun @khofifah.ip, gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga menjelaskan perihal pembatasan jumlah Paskibra dalam peringatan HUT RI kali ini.

"Pengurangan jumlah anggota Paskibraka dikarenakan Peringatan HUT RI Ke-75 kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Pun, tidak ada seleksi Paskibraka Tahun 2020 sehingga pemerintah memutuskan untuk menggunakan Paskibraka Tahun 2019 berdasarkan nilai," tulis Khofifah.

Baca Juga: Telkomsel Klaim Bangun Kesadaran Literasi Digital 1000 Pelajar dan Guru

Di penghujung pesannya, Khofifah yang tampak cukup semangat dan optimistis di tengah pandemi itu juga mengucapkan pesan singkat pada Dhea. 

"Selamat menunaikan tugas negara Dhea!" pungkasnya. (jay)

Editor : Redaksi