Rabu, 22 Mei 2024 03:14 WIB

Cerita Bintang, Pengidap Ginjal Bocor yang Mendapat Dukungan dari Kemensos

Bintang saat berada di Rusun milik Kemensos di Jakarta Timur.

Bintang saat berada di Rusun milik Kemensos di Jakarta Timur.

selalu.id - Bintang (15) kembali ceria. Anak perempuan siswi SMP ini merasa senang bisa tinggal di lingkungan yang nyaman dan tenang di Rusun Sentra Mulya Jaya di Jakarta Timur, milik Kementerian Sosial.

Bintang Cahaya Ramadini merupakan pengidap penyakit ginjal bocor sejak Juni 2023. Bintang harus menjalani cuci darah dua kali seminggu.

Baca Juga: Kemensos Tangani Bayi Tanpa Anus, Ortu: Baru Kali Ini Dapat Perharian

Kementerian Sosial melalui Sentra Handayani Jakarta bergerak cepat membantu Bintang dan keluarga. Bapak kandung Bintang, Muhalim, bekerja sebagai tukang becak yang memiliki penghasilan tak seberapa. Ia tentu kesulitan untuk membiayai biaya berobat Bintang. Bahkan ibunya yang dulu menjalankan usaha berjualan nasi uduk, kini berhenti berjualan karena harus mengantarkan anak perempuannya ke rumah sakit.

Melihat hal itu, Kementerian Sosial memberikan beberapa bantuan sosial berupa sembako, nutrisi, perlengkapan kebersihan diri, kasur, baju harian, pakaian dalam, mukena, dan pembelian obat yang tidak ditanggung BPJS. Selain itu juga mendorong orangtua Bintang melalui program bantuan kewirausahaan PENA berupa usaha dagang sayuran, mie instan rebus, serta kopi seduh di depan rumahnya.

Saat ini, Bintang dan keluarga juga diberikan kesempatan untuk tinggal dan menghuni Rusun Sentra Mulya Jaya Bambu Apus. Dengan keadaan yang nyaman, bersih, dan tenang membuat Bintang bisa kembali bersosialisasi dengan teman sebaya yang juga tinggal di Rusun Sentra Mulya Jaya.

Baca Juga: Kisah Sukses Made Suliati, Penerima PKH di Bali dengan Berdagang Canang

“Kami merasa betah dan senang tinggal di rusun. Tempatnya bersih, nyaman dan fasilitasnya lengkap. Bintang juga sudah cocok, bisa bermain dengan temen-temennya,” kata Halimah, ibu Bintang.

Baca Juga: Kemensos Beri Penanganan Menyeluruh Korban Rudapaksa di Lubuk Linggau

Orang tua Bintang juga berharap anaknya bisa segera sembuh, bisa bertumbuh dan berkembang seperti anak-anak seusianya. Tak lupa ayah kandung Bintang juga bersyukur telah mendapatkan perhatian dari Kementerian Sosial sehingga anaknya bisa mudah menjalani masa pengobatan.

“Saya mengucapkan beribu-ibu terimakasih kepada Ibu Menteri Risma untuk segala yang sudah diberikan kepada kami,” kata Muhalim, ayah Bintang.

Editor : Redaksi