• Loadingselalu.id
  • Loading

Kamis, 05 Okt 2023 06:29 WIB

Jurusan Langka, Sistem dan Teknologi Informasi Punya Prospek Karier Menjanjikan di Bidang Keamanan Cyber

Pendidik Sistekin UNTAG

Pendidik Sistekin UNTAG

Selalu.id - Sistem dan Teknologi Informasi tergolong jurusan yang langka di perguruan tinggi Indonesia. Melihat potensi karier yang menjanjikan di bidang ini, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya telah mengambil inisiatif langkah maju dengan menawarkan program studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) kepada calon mahasiswanya.

Program studi ini dirancang untuk menyiapkan generasi penerus yang adaptif terhadap perkembangan jaman serta memberikan pemahaman yang kuat tentang konsep, teori, dan praktik dalam pengembangan sistem informasi, analisis bisnis, manajemen proyek TI, dan keamanan informasi.


Dikutip dari laman Pusat Data dan Informasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (PDDikti), terdapat  kurang dari 20 perguruan tinggi Indonesia yang memiliki program studi Sistem dan Teknologi Informasi.

Baca Juga: Etika Siber sebagai Pondasi Penting Penerapan Teknologi Bertanggung Jawab di Era Disrupsi


Kepala Program Studi Sistem dan Informasi Untag Surabaya, Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT., CLA mengatakan bahwa Prodi Sistem dan Teknologi Informasi berdiri untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat dalam bidang pengembangan teknologi informasi.

Baca Juga: Pakar Sistem Informasi Untag Surabaya Dorong Kesadaran Etika Siber


“Kami bangga menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang dapat ikut serta menawarkan jurusan yang belum banyak dimiliki perguruan tinggi lainnya. Permintaan akan lulusan yang terampil di bidang teknologi informasi semakin meningkat, kami berkomitmen untuk melahirkan generasi masa depan dalam pengembangan teknologi informasi di Indonesia,” tutur Supangat, Kamis (8/6/2023).


Supangat menekankan peran mahasiswa selain mengembangkan pengetahuan juga harus dapat membantu menjaga kerahasiaan, dan ketersediaan informasi di berbagai sektor industri.

Baca Juga: Lulusan Teknik Mesin Mampu Jawab Persoalan Pengangguran di Indonesia


“Era digital yang terus berkembang, tantangan keamanan cyber semakin kompleks dan memerlukan perhatian yang serius. Saya berharap mahasiswa prodi Sistem dan Teknologi Informasi dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang keamanan informasi, sehingga mereka dapat menjadi ahli yang mampu melindungi data dan sistem dari serangan cyber. Dengan kontribusi mereka, diharapkan mereka dapat membantu menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan informasi di berbagai sektor industri,” tutup Direktur Sistem dan Informasi YPTA Surabaya

Editor : Ading