Senin, 15 Jul 2024 02:03 WIB

BAKN DPR RI Apresiasi Pemanfaatan PMN 1,2 Triliun untuk Investasi BMTH Pelabuhan Benoa 

Selalu.id - Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI memberikan apresiasi tinggi terhadap penggunaan Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk investasi Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di PT Pelabuhan Indonesia (Persero). BAKN beharap pemanfaatan uang negara yang maksimal untuk investasi ini diharap mampu meningkatkan ekonomi pariwisata Bali. 

Direktur Investasi Pelindo Boy Robyanto menyampaikan penyertaan modal negara sebesar 1,2 T kepada Pelindo untuk proyek BMTH sudah dimanfaatkan secara optimal untuk pengerukan kolam dan alur. 

Baca Juga: Catat! Ini Layanan Digital Penumpang Kapal Laut Selama Arus Balik Lebaran 2024

"PMN ini menjadi amanat negara kepada kami yang harus kami optimalkan seefisien mungkin dalam investasi BMTH ini agar manfaatnya juga sesuai dengan rencana yaitu pengembangan wisata jalur maritim di Indonesia khususnya Bali," ujar Boy kepada selalu.id, Senin (24/6/2024). 

Boy menjelaskan hingga Mei 2024 ini proges pengerukan alur dan kolam sudah mencapai 81,01 persen. Pelindo mengupayakan penggunaan dana PMN ini akan mencapai 100 persen sampai dengan akhir tahun 2024. 

Baca Juga: Sopir Truk Tewas saat Berkendara hingga Tabrak Pembatas di Tanjung Perak Surabaya

Pengerukan alur telah memberikan dampak positif bagi Pelabuhan Benoa, diantaranya adalah suksesnya pelayananan penyandaran kapal cruise ukuran jumbo dengan panjang lebih dari 317 meter yaitu cruise Celebrity Solstice pada akhir tahun 2023 lalu. 

Sebelum dilakukan pengerukan, Pelabuhan Benoa hanya mampu menerima kunjungan cruise berukuran 200 meter. Sementara itu, Ketua BAKN DPR RI Wahyu Sanjaya mengungkapkan apresiasinya kepada Pelindo atas pemanfaatan uang negara yang sudah dilaksanakan dengan baik. Pihaknya berpesan agar investasi ini dilakukan sesuai tata kelola perusahaan yang baik. 

Baca Juga: PT Pelindo Multi Terminal Catatkan Hasil Positif Kinerja hingga Triwulan Tiga di Tahun 2023

"Penggunaan PMN pada BMTH di Pelindo saya kira tidak ada temuan ya, sehingga kami mengapresiasi dan berpesan kepada Pelindo terkait PMN yang diterima agar tetap dikelola dengan baik karena BMTH dalam menunjang tourism di Bali saya kira dampaknya cukup signifikan untuk Pelindo maupun masyarakat itu sendiri," ungkapnya. 

Sekadar diketahui, BMTH merupakan ekosistem yang mengintegrasikan antara sektor pariwisata, pelabuhan, dan entertainment. Pelabuhan Benoa melalui BMTH diharap menjadi backbone bagi masyarakat dan pemerintah Bali dari sisi tourism. Pada tahun 2023 lalu BMTH mampu mendatangkan  45 kapal pesiar dan penumpang cruise hingga 78 ribu wisatawan asing.

Editor : Redaksi