• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 19 Mei 2024 00:22 WIB

Asrilia-Satrio, Jebolan Hipmi yang Daftar Pilwali Surabaya Jalur Independen

  • Reporter : Redaksi,
  • Minggu, 12 Mei 2024 21:33 WIB

Selalu.id - Asrilia Kurniawati menggandeng Satrio Wicaksono menjadi pasangan pencalonan Wali Kota Surabaya jalur independen untuk Pilwali 2024 November mendatang.

Pasangan ini langsung mendaftarkan diri di hari terakhir pendaftaran calon Pilwali jalur independen pada Minggu (12/5/2024) malam. Mereka pun membawa pemberkasan lengkap syarat maju independen di Kantor KPU Surabaya.

Baca Juga: Tak Lolos Jadi Bacawalkot Independen Pilwali Surabaya, Asrilia Tetap Legowo

“Ini ikhtiar kami berdua saya Ning Lia dan cak Satria untuk menjadi salah satu psangan calon wali kota dan wakil wali kota surabaya 2024 ini jalur independen,” kata ning Lia sapaan akrabnya, usai mendaftar.

Ning Lia juga menyampaikan alasannya dirinya menggandeng sosok Satrio Wicaksono yang merupaka Ketua Umum BPC Hipmi Kota Surabaya pada 2022-2025. Ia menyebut Satrio mempunyai visi misi yang sama dengan dirinya.

“Kami pernah sesama di Hipmi dan saya sangat melihat cak Satria adalah sosok yang memang visi misinya sama dengan saya yaitu berbuat baik dan bermanfaat untuk kota surabaya kedepan,” ujarnya.

Asrilia mengaku butuh empat bulan untuk memilih siapa calon yang mendampingin maju Pilwali jalur independen, sebelum mantab dengan Satrio Wicaksono. "Waktu itu mas Satria masih sibuk banget mengurus bisnisnya. Alhamudilah minggu kemarin baru ketemun. Beliau berkenan untuk maju dengan saya,” jelasnya.

Baca Juga: Eri-Armuji Daftar Pilwali ke PPP, Perkuat Koalisi Besar?

Lebih lanjut ning Lia menyampaikan bahwa dirinya sudah membentuk tim di setiap kecamatan untuk mengumpulkan KTP, sebagai syarat maju Pilwali jalur perseorangan “Setiap kecamatan sekitar 7 persen. Kita sudah melebih 144 ribu,” tuturnya.

Sementra itu Satrio Wicaksono berharap dirinya bisa memberi sumbangsih kepada masyarakat Surabaya dengan menguatkan ekonomi besar yang ada di Kota Surabaya. 

“Kami pinginnya pengusaha ini punya nama lebih baik lagi, teroganisiasi lebih baik lagi, sehingga setiap orang punya niat berusaha dan meningkatkan kemampuan. Agar masyarakat Surabaya bisa berama-sama mencapai kesejehteraan yang kita selalu impikan,” terangnya.

Baca Juga: Balihonya Dikaitkan dengan Pilwali, Begini Penjelasan Ketua Golkar Surabaya Arif Fathoni 

Berdasarkan Pasal 41 ayat 2 UU 10 Tahun 2016 dan Peraturan KPU 2 2024, Surabaya akan menerima pasangan calon perseorangan. Dengan jumlah minimal dukungan 144.209 suara di minimal 16 kecamatan dari 31 kecamatan. 

“Akan kami cek sesuai dengan ketentuan berdasakran UU KPU. Kami masih melakukan prosesnya hingga pukul 23.59 WIB malam ini," ujar Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi.

Setelah proses pengecekan itu selesai, KPU akan memberi status dan menentukan untuk ke tahap verifikasi jumlah dan administrasi. "Dan sampai saat ini belum ada yang daftar independen selain mbak Lia dan mas Satrio,” tutup Nur Syamsi.

Editor : Redaksi