Sabtu, 22 Jun 2024 22:55 WIB

PDIP Jatim Siagakan Satgas dan Kader Cegah Kecurangan dan Politik Uang

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Pemenangan Pemilu, Deni Wicaksono

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Pemenangan Pemilu, Deni Wicaksono

selalu.id - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menyiagakan para kader dan satgas terkait untuk mencegah praktik politik uang dalam Pemilu 2024, termasuk Pilpres.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Pemenangan Pemilu, Deni Wicaksono, Selasa (13/2/2024), mengatakan, pihaknya mendengar adanya informasi valid terkait upaya melakukan “operasi khusus” di Jatim dan Jateng terkait Pilpres. Hal ini lantaran hasil survei internal terakhir menunjukkan, perolehan suara paslon tertentu tidak sesuai harapan.

Baca Juga: Temui Pengurus PAN Jatim, PDIP Jatim Sambat Ngurus Pilpres dan Pileg

"Kami mendengar informasi valid bahwa hasil survei tak seindah yang dipublikasikan. Jatim dan Jateng akan ‘dioperasi’, karena ada capres tertentu yang mencoba melakukan skenario satu putaran. Maka kami langsung instruksikan kader dan satgas untuk berjaga di kampung-kampung, di perempatan-perempatan jalan, di sudut-sudut gang, untuk mencegah operasi kecurangan dan politik uang pemenangan capres tertentu," jelas Deni.

Para kader dan satgas, sambung Deni, diinstruksikan untuk langsung melaporkan bila ada temuan gerakan atau “operasi khusus” yang curang dalam memenangkan capres tertentu.

Baca Juga: PDIP Jatim Minta Masyarakat Bersabar Soal Rencana Pertemuan Megawati dan Prabowo

"Jatim diindikasikan akan dioperasi secara tidak patut dan melanggar aturan untuk mendongkrak suara capres-cawapres tertentu," jelas alumnus Universitas Airlangga tersebut.

Deni mengajak semua pihak untuk menyambut Pemilu ini dengan kewaspadaan guna mengawasi berbagai potensi kecurangan. Apalagi, Pemilu kali ini diwarnai berbagai macam kontroversi, seperti masalah pelanggaran etika di Mahkamah Konstitusi dan KPU dalam meloloskan Cawapres tertentu.

Baca Juga: Ini Perolehan Kursi Serta Daftar Caleg yang Lolos di DPRD Surabaya

Film dokumenter “Dirty Vote” yang sangat viral, lanjut Deni, menunjukkan bagaimana skenario kecurangan Pemilu ditunjukkan tanpa rasa malu. Sekelompok elite penguasa telah menggunakan kekuasaannya untuk pemenangan capres-cawapres tertentu.

"Ayo kita awasi bersama, PDI Perjuangan bareng rakyat ingin memastikan Pemilu jujur, adil, tanpa intimidasi, tanpa kecurangan. Rakyat sangat khawatir dengan pemilu curang, apalagi baru saja viral film Dirty Vote tentang kecurangan yang disebutkan akan didesain sedemikian rupa, sehingga seluruh kekuatan rakyat harus waspada," pungkas Deni.

Editor : Redaksi