Selasa, 23 Jul 2024 22:41 WIB

Terlalu Kuat di Surabaya, Peneliti Sebut Eri Cahyadi Layak Diterjunkan di Pilgub Jatim

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 13 Jul 2023 15:13 WIB
Peneliti Senior SSC Ikhsan Rosidi

Peneliti Senior SSC Ikhsan Rosidi

selalu.id - Nama Eri Cahyadi menyeruak di jajaran tokoh-tokoh politik dengan elektabilitas tinggi dari survei yang dilakukan oleh Surabaya Survei Center (SSC) untuk bursa Pilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

Tercatat elektabilitas Eri Cahyadi 18.4 persen, hampir sama besar dengan Tri Rismaharini yakni 19.8 persen. Sedangkan, posisi Emil Dardak dibawahnya, yakni hanya 11,3 persen.

Sementara Khofifah Indar Parawansa menempati survei paling tinggi dengan elektabilitas 36,3 persen.  Sisanya, Syaifullah Yusuf dengan 3,3 persen kemudian ada Anwar Sadat dengan 2,4.persen Kusnadi dengan 1,8 persen serta Achmad Fauzi dengan 1,6 persen.

"Fakta politik sekarang itu di bursa Pilwali itu masih adem ayem. Belum ada gerakan serius, belum ada isu menarik, belum ada tokoh yang secara clear untuk mencalonkan diri atau meramaikan bursa Pilwali," kata Peneliti Senior SSC Ikhsan Rosidi, usai paparkan hasil Survei di Heritage Hotel Surabaya, Kamis (13/7/2023)

Ikhsan menilai bahwa masyarakat beramsusi bahwa Eri Cahyadi terlalu kuat jika berkompetisi kembali ke Pilwali. Sehingga, Eri yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya lebih layak maju ke Pilgub Jatim 2024.

Menurutnya, apabila Eri Cahyadi maju ke Pilgub ataupun Pilwagub, hal itu semakin membuka kemungkinan tokoh-tokoh di Surabaya berani ikut berkompetisi di Pilwali.

"Karena penantang besar (Pilwali 2024) disitu sudah naik ke bursa Pilgub, sehingga muncul tokoh yang berani maju. Nanti kita tunggu Eri Cahyadi akan naik ke Pilgub atau di Pilwali," ungkapnya.

Sekedar diketahui hasil survei SSC ini dilaksanakan dari tanggal 20-30 Juni 2023 di 31 Kecamatan di Kota Surabaya. Dengan jumlah sampel 1.200 responden dari usia 17 tahun/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah, dan bukan TNI/Polri aktif.

Kemudian, pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara tatap muka (face to face) dengan pedoman kuesioner. (Ade/Adg)

Baca Juga: Golkar Surabaya Mulai Bergerak Kampanyekan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Editor : Ading