Rabu, 26 Jun 2024 01:48 WIB

Danamon Beri Penawaran Spesial KPM di IIMS Surabaya 2024

Irene Sri Redjeki, Regional Corporate Officer PT Bank Danamon Indonesia

Irene Sri Redjeki, Regional Corporate Officer PT Bank Danamon Indonesia

selalu.id - Kolaborasi antara MUFG, Danamon, dan Adira Finance di Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2024 berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan otomotif masyarakat dengan menghadirkan berbagai promo dan program menarik.

Antara lain, pengunjung IIMS Surabaya 2024 dapat menikmati promo pembelian kendaraan dengan Kredit Pemilikan Mobil (KPM Prima & KPM Prima Syariah) dengan bunga spesial 2,49 persen, dan promo untuk belanja aksesoris kendaraaan.

Irene Sri Redjeki, Regional Corporate Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk, mengatakan tidak hanya fokus pada otomotif saja, gelaran IIMS Surabaya 2024 juga menghadirkan hiburan bagi nasabah dan masyarakat dengan menghadirkan IIMS Infinite Live.

"Tahun ini, IIMS Infinite Live menghadirkan penampilan musisi ternama seperti musisi kebanggaan Jawa Timur, Ari Lasso pada 1 Juni, dan hari ini Yura Yunita yang tampil di IIMS," ujar Irene pada selalu.id saat dikonfirmasi, Minggu (2/6/2024).

Karena itu, lanjut Irene mengatakan, berbagai promo menarik lainnya juga dihadirkan oleh grup ini sepanjang IIMS Surabaya 2024 untuk memastikan pengalaman entertainment yang tak terlupakan bagi pengunjung dan nasabah, seperti hemat hingga 100 persen untuk pembelian tiket masuk dan tiket bundling konser Infinite Live, dan pembelian makanan dan minuman menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau QRIS D-Bank PRO. 

Meski demikian, Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG kembali hadir di Surabaya untuk ketiga kalinya dengan beragam penawaran menarik untuk menjawab kebutuhan masyarakat Jawa Timur akan kendaraan baik baru maupun bekas, konvensional maupun listrik, dan beserta aksesorisnya.

"Kami juga menyadari bahwa banyak pengunjung yang datang bukan untuk membeli mobil atau motor, tetapi juga untuk mencari hiburan dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Jadi, kami juga hadirkan berbagai promo menarik mulai dari pembelian tiket masuk dan tiket konser, pembelanjaan ritel seperti aksesoris kendaraan, hingga pembelian makanan dan minuman," jelasnya.

"Hal ini sejalan dengan aspirasi kami untuk dapat menjadi one-stop financial solution provider bagi semua nasabah dari hulu hingga ke hilir ekosistem industri otomotif, agar nasabah dapat terus tumbuh bersama grup Danamon. Jangan lewatkan kesempatan ini dan mari bersenang-senang di IIMS Surabaya 2024 bersama keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Anda," tambah dia lebih lanjut menjelaskan.

Selain partisipasi dalam IIMS Surabaya, lanjut Irene, Danamon melalui cabang-cabangnya di Jawa Timur berkomitmen untuk memperkenalkan KPM Prima sebagai pelengkap kebutuhan nasabah dalam membeli kendaraan. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase pembiayaan KPM Prima di Jawa Timur sebesar lebih dari 24 persen YoY dengan nominal lebih dari Rp 17,5 miliar.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk pembiayaan mobil, Adira Finance menghadirkan berbagai penawaran, di antaranya: bunga spesial mulai 2.49 persen p.a. (tenor 1 tahun), diskon biaya admin s.d. 50 persen, gratis biaya provisi (nol persen), bonus asuransi microinsurance dari Zurich. Adapun untuk pembiayaan motor, benefitnya antara lain: cashback sampai dengan 600 ribu adirapoin, bunga mulai dari nol persen, diskon angsuran sampai 2 bulan dan asuransi all risk (untuk merek tertentu), serta bonus asuransi microinsurance dari Zurich.

Disamping itu, Adira Finance juga menyediakan fasilitas approval langsung di tempat dan kesempatan memenangkan program UMRAH untuk Sahabat. UMRAH Untuk Sahabat merupakan program undian berhadiah paket umrah untuk pelanggan beruntung yang mengajukan pembiayaan secara langsung atau walk in di IIMS Surabaya.

Terpisah, Djoko Witono selaku Regional Collection Head Jawa Timur PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) mengatakan, bahwa pelanggan aktif Adira Finance juga berkesempatan mendapatkan keuntungan lainnya melalui program HARCILNAS (Harinya Cicilan Lunas).

"kami sangat antusias untuk kembali berpartisipasi di IIMS Surabaya sebagai Official Multifinance Partner dan Official Trade-in Partner dengan menawarkan solusi keuangan terbaik bagi para pengunjung. Kami percaya melalui sinergi dengan ekosistem dan menghadirkan bonus tanpa batas, pengunjung bisa mendapatkan kemudahan serta keuntungan dalam mewujudkan produk impian mereka," terang Djoko saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, adapun selain produk otomotif, Adira Finance juga membiayai produk non otomotif, seperti: sepeda listrik, umrah, hingga pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB.

Seperti diketahui, Danamon mencetak Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi sebesar Rp 831
miliar, meningkat 2 persen Year-on-Year (YoY). Laju kenaikan laba yang konsisten ini mencerminkan ketahanan finansial dan kekuatan strategis Danamon di tengah kondisi perekonomian yang berfluktuasi. Pendapatan Operasional Danamon tumbuh sebesar 8 persen YoY menjadi Rp 4,7 triliun.

Sementara itu, Daisuke Ejima, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebelumnya juga mengatakan, Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) meningkat 14 persen YoY menjadi Rp 2,3 triliun, hal ini menunjukkan efisiensi bank dalam mengelola operasi intinya dan memperkuat fondasinya untuk pertumbuhan investasi di masa depan.

Danamon juga membukukan rekor tertinggi dalam portofolio pinjamannya, dengan Total Kredit dan Trade Finance mencapai Rp 179,7 triliun, atau meningkat sebesar 18 persen YoY didorong oleh pertumbuhan dari seluruh segmen bisnis. Dari sisi pendanaan, Danamon mencatatkan peningkatan total dana pihak ketiga sebesar 14 persen YoY menjadi Rp 143,2 triliun. Meskipun pertumbuhan pendanaan beralih ke Deposito Berjangka ditengah situasi tingkat suku bunga yang lebih tinggi, Granular Funding dapat tumbuh sebesar 12 persen YoY.

Sejalan dengan pertumbuhan kredit, Danamon terus berupaya menjaga kualitas aset yang sehat yang tercermin pada beberapa indikator kunci meliputi: Rasio Loan at Risk (LAR) (termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi) membaik sebesar 70 basis poin (bps) YoY menjadi 12 persen; Rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) berhasil meningkat menjadi 261,8 persen, dari 254,2 persen pada tahun sebelumnya; dan Rasio NPL – gross juga membaik sebesar 20 bps YoY menjadi 2,2 persen.

"Pencapaian ini merupakan awal yang baik pada tahun 2024. Ke depannya, Danamon akan terus bertumbuh sebagai Financial Group bersama dengan anggota lain dari Grup MUFG untuk mendukung pertumbuhan seluruh stakeholders dan perekonomian Indonesia," tukasnya.

Baca Juga: Sinergitas Danamon-Adira Finance dan MUFG Dukung IIMS Surabaya 2024

Editor : Ading