Kamis, 20 Jun 2024 00:48 WIB

Danamon - PLN Bangun Station Charging, Perkuat Infrastruktur Kendaraan Listrik

PLN di IIMS

PLN di IIMS

selalu.id - PT PLN (Persero) kembali ikut serta dalam menyukseskan Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang di selenggarakan di Surabaya sebagai komitmen mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Dalam perhelatan IIMS 2024 yang akan digelar pada 29 Mei – 2 Juni 2024 di Grand City Convex Surabaya, PLN akan mensosialisasikan beragam program hingga dukungan untuk ekosistem kendaraan listrik.

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo menyampaikan bahwa keikutsertaan PLN dalam ajang IIMS 2024 ini merupakan bentuk dukungan terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia .

"PLN ingin menyampaikan pesan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir memiliki Electric Vehicle (EV), karena PLN telah siap untuk mendukung melalui berbagai promo maupun pembangunan infrastruktur pendukung kendaraan listrik baik berupa Stasiun Pengisi Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), maupun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU)," jelas Agus kepada selalu.id saat dikonfirmasi, Kamis (30/5/2024).

PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berkomitmen mendukung Pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan langkah Pemerintah dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060.

Dukungan PLN terhadap pertumbuhan kendaraan listrik di antaranya menyediakan pasokan daya yang cukup, penyediaan SPKLU, SPLU, dan SPBKLU, yang terintegrasi pada Aplikasi PLN Mobile guna mendukung kemudahan bertransaksi.

"Dalam hal mendukung ekosistem kendaraan listrik khususnya di Jawa Timur, PLN telah menyediakan 126 unit SPKLU dan 350 unit SPLU bagi kendaraan listrik di Jawa Timur. Dari jumlah tersebut 65 unit SPKLU tersebar di sepanjang 23 titik lokasi di Tol Trans Jawa Timur," lanjut Agus.

Di sisi lain, terpisah, Irene Sri Redjeki selaku Regional Corporate Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk juga mengungkapkan, untuk kredit atau pembelian mobil listrik ini, pihaknya sangat tertarik dan berkomitmen sekali hingga menjalin kerjasama dengan PT PLN dalam pembangunan Station Charging bagi kendaraan listrik.

"Dan itu terbukti Danamon menjalin kerjasama dengan PLN untuk membangun Station Charging dan sekarang yang sudah dibangun salah satunya terletak di MBD Jakarta dengan tujuan mensupport mobil listrik ini, dan untuk masalah pembiayaan kita bekerjasama dengan Adira Finance" ungkap Irene kepada selalu.id saat dikonfirmasi.

Terkait pembiayaan mobil listrik, Irene mengatakan, bahwa antusiasme masyarakat di Tanah Air ini sangatlah bagus. Terbukti dengan adanya support dari pemerintah RI yang mentargetkan 1 juta mobil listrik pada tahun 2035 mendatang, dan untuk tahun 2025, ada sekitar 12 juta motor listrik baik roda dua maupun roda 3 yang tengah ditargetkan oleh pemerintah.

"Jadi kalau melihat seperti itu mengingat komitmen kita sebagai salah satu grup keuangan yang besar bersama dengan MUFG tentunya kita akan benar-benar mensupport terkait mobil listrik ini. Karena di Jawa Timur sendiri kebutuhan ataupun potensi mobil listrik ini sangatlah besar," tegas Irene.

Sekadar informasi, pada pagelaran IIMS 2024 PLN juga memberikan diskon Biaya Penyambungan untuk Pasang Baru maupun Tambah Daya untuk Layanan Home Charging Service (HCSL. Biaya Tambah Daya untuk 1 fasa daya maksimal 11.000 VA hanya Rp 150.000, dan 3 fasa daya maksimal 16.500 VA hanya Rp. 450.000.

Sedangkan untuk Pasang Baru 1 fasa hingga daya 7.700 VA sebesar Rp 850.000 dan 3 fasa hingga daya 13.200 VA hanya sebesar Rp 3.500.000. Selain diskon Biaya Penyambungan juga terdapat diskon tarif untuk pengisian daya kendaraan listrik bagi konsumen.

"Ini untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik, jadi kami siapkan lagi tahun ini program spesial. Masyarakat yang sudah membeli mobil listrik bisa memanfaatkan fasilitas produk Layanan Home Charging Service (HCS) untuk mendapatkan diskon Biaya Penyambungan maupun diskon tarif sebesar 30 persen jika mengisi baterai kendaraan listriknya di rumah dari jam 22.00 s.d 05.00," pungkas Agus.

Baca Juga: Upaya Capai Transisi Energi, PLN Terus Berkomitmen Wujudkan NZE 2060

Editor : Ading