• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 19 Mei 2024 00:47 WIB

Hilal hanya Terlihat di Dua Lokasi di Jawa Timur

Foto: Pemantauan hilal di Surabaya

Foto: Pemantauan hilal di Surabaya

selalu.id - Sekretaris Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PW LFNU) Jawa Timur Fathurrozi menyebut hanya ada dua lokasi yang menunjukkan hilal secara jernih di Jawa Timur, yakni Mojokerto dan Sidoarjo, Selasa (9/4/2024).

“Untuk Jatim ada dua lokasi yang sudah melihat hilal, di Mojokerto dan Sidoarjo,” kata Fathurrozi,

Fathurrozi menyebut untuk pertama yakni di Masjid Agung Darussalam, Sooko, Kabupaten Mojokerto. Sedangkan lokasi pemantauan kedua yakni di RSI Siti Hajar, Kabupaten Sidoarjo.

Di dua lokasi itu, kata di, ketinggian hilal mencapai 5 derajat, dan elongasi atau jarak sudut matahari dengan bulan mencapai 8-9 derajat.

Dari Pantuan itu gila telah memenuhi kriteria penentuan 1 syawal pemerintah atau MABIMS yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

“5 derajat untuk ketinggian dan 8-9 derajat untuk elongasinya. Sudah memenuhi kriteria baru imkanur rukyat, 3 derajat ketinggian, 6,4 derajat elongasi,” ucap dia.

Lebih lanjut hasil pemantauan ini akan segera dilaporkan ke PWNU Jatim, dan disampaikan ke PBNU, untuk selanjutnya dibawa ke pembahasan sidang isbat bersama Kementerian Agama.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan akan ada laporan susulan lagi dari daerah-daerah lain di Jatim yang akhirnya berhasil melihat hilal.

“Yang terkonfirmasi ke kami, yang di bawah LFNU, akan dilaporkan ke PWNU lebih dulu kemudian akan dilaporkan resmi ke PBNU, nanti PBNU akan membawa ke sidang isbat,” pungkasnya.

Baca Juga: Empat Anak Dijadikan PSK dan Layani Puluhan Tamu Tiap Hari Tanpa Dibayar di Surabaya

Editor : Ading