Rabu, 26 Jun 2024 01:23 WIB

Jelang Ramadan Harga Jagung Ikut Naik

Foto: Jagung

Foto: Jagung

selalu.id - Berdasarkan pantauan di panel harga pangan per 7 Maret 2024, harga jagung mengalami tren kenaikan. Harga jagung di tingkat peternak naik sebesar 4.12 persen atau Rp350 per kg.

Panel harga pangan mencatat harga rerata nasional jagung tingkat peternak menyentuh angka Rp8.840 per kg. Harga tersebut menurut data Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), Kamis (7/3/2024).

Sementara harga rata-rata terendah Rp5.910 per kg berada di luar Jawa yakni Sumatera Barat. Namun, untuk wilayah Jawa Timur sendiri, di panel harga pangan nasional harga jagung tingkat peternak adalah Rp6.200 per kg.

Menyikapi kenaikan tersebut, Besaran harga jagung di Jawa Timur masih terbilang cukup tinggi di tingkat pedagang eceran meski beberapa daerah sudah masuki masa panen.

Hal ini seperti terpantau di data terkini pada Sistem Informasi Ketersediaan Pangan dan Bahan Pokok Provinsi Jatim. Provinsi Jawa Timur sendiri menjadi provinsi dengan luas panen jagung pipilan terbesar di Indonesia pada tahun 2023.

Hal itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat total luas panen jagung pipilan Indonesia yang mencapai 2,49 juta hektare (ha).

Dalam data tersebut, Jawa Timur diproyeksikan memiliki luas panen jagung hingga 755,07 ribu ha sepanjang 2023. Sementara posisi kedua ditempati Jawa Tengah dengan luas panen jagung pipilan mencapai 384,54 ribu ha.

Adapun untuk harga rata-rara jagung pipilan kering tingkat pedagang eceran, untuk wilayah Jawa Timur adalah Rp8.818 per kg. Untuk harga tertinggi belum bergeser yakni masih di Kabupaten Sidoarjo dengan nilai Rp12.000 per kg. Sedangkan untuk harga rata-rata terendah adalah sebesar Rp6.000 per kg, berada di wilayah Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Harga Eceran Minyakita Naik, Mendag: Sudah Waktunya Dinaikkan

Editor : Ading