Rabu, 26 Jun 2024 00:31 WIB

Satu Anggota DPRD Surabaya Fraksi PDI-Perjuangan Dipecat

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 24 Mei 2023 19:14 WIB
Riswanto Anggot DPRD Surabaya yang dipecat

Riswanto Anggot DPRD Surabaya yang dipecat

Selalu.id - Salah satu anggota DPRD Surabaya dari fraksi PDI-Perjuangan yakni Riswanto resmi dipecat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Surabaya, Syaifuddin Zuhri, mengatakan pihaknya akan mendorong untuk menggelar rapat Paripurna terkait pengumuman pemecatan salah satu anggotanya. Syafuddin mengatakan saat ini anggota fraksi PDI Perjuangan berkurang yang semula beranggotakan 15 orang, menjadi 14 orang.

Baca Juga: Eri Cahyadi Pede Rekomnya Diberikan Bulan Juli: Wes Pasti!

"Partai (PDI Perjuangan) memecat anggota kami yang semulanya 15 berkurang 1, yang namanya Riswanto," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (24/05/2023).

Syaifuddin menyebut Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan telah menerbitkan surat pemecatan kepada Riswanto, tertanggal 14 Mei 2023. Kemudian, DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menindaklanjuti surat tersebut pada 23 Mei.

Baca Juga: Hadiri Haul Bung Karno di Blitar, Risma Diteriaki Gubernur oleh Warga

"(Tanggal) 24 (Mei) masuk ke kita (Fraksi), kita langsung meminta pimpinan untuk mengumumkan (Rapat Paripurna)," tegasnya.

Kata dia, pemecatan Riswato dari anggota DPRD, yang sebelumnya duduk di kursi Komisi B Bidang Perekonomian dan Keuangan, harus segera diisi. Sebab itu, proses penggantinya sesuai mekanisme perundang-undangan dan Peraturan KPU.

Baca Juga: Hasto Sebut PDIP Rekomendasikan Pasangan Petahana di Pilwali Surabaya

Lebih lanjut Syaifuddin meminta PDI Perjuangan Surabaya untuk menyiapkan siapa pengganti Riswato, dengan mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).

"Karena dia sudah tidak termasuk anggota PDI Perjuangan, maka tentunya di kedewanan pun dia juga tidak memiliki kewenangan atas tugas dia yang melekat sebagai anggota DPRD (Kota Surabaya)," pungkasnya. (Ade)

Editor : Ading