selalu.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 berhasil melayani lonjakan arus penumpang dan kendaraan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Meskipun terjadi penurunan tipis pada jumlah penumpang, Pelindo Regional 3 mencatat kinerja yang positif dengan peningkatan signifikan pada volume kendaraan yang diangkut.
Data yang dirilis hari ini menunjukkan total penumpang yang dilayani mencapai 463.625 orang selama periode H-15 hingga H+15 Nataru. Angka ini menunjukan penurunan sebesar 1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Namun, hal ini diimbangi dengan peningkatan yang cukup signifikan pada jumlah kendaraan yang diangkut, mencapai 90.398 unit, atau naik 4 persen secara tahunan (Year-on-Year/YoY).
Baca Juga: Pelindo Regional 3 Catat Kinerja Positif di Tahun 2024, Optimis Berlanjut Tahun Depan
Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda Sari, menjelaskan fluktuasi arus penumpang dan kendaraan ini merupakan hal yang dinamis dari tahun ke tahun. "Tren Nataru tahun ini menunjukkan peningkatan pada arus bongkar muat kendaraan, sementara arus penumpang cenderung stagnan," ujar Karlinda kepada selalu.id saat dikonfirmasi, Selasa (21/1/2025).
Ia menambahkan, stabilnya jumlah penumpang tahun ini kemungkinan dipengaruhi oleh kedekatan momen Nataru dengan libur Idul Fitri 2025. "Ini menjadi sinyal yang perlu kami antisipasi untuk perencanaan layanan di masa mendatang," imbuhnya.
Baca Juga: Prestasi Pelindo Regional 3: 9,67 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan
Peningkatan signifikan pada volume kendaraan tercatat di hampir 20 cabang pelabuhan di bawah operasional Pelindo Regional 3. Pelabuhan Tanjung Celukan Bawang, Tanjung Emas, Trisakti, dan Kupang menjadi beberapa pelabuhan yang menunjukan peningkatan aktivitas bongkar muat kendaraan.
Pelabuhan Perak di Surabaya tercatat sebagai pelabuhan tersibuk selama periode Nataru, dengan mayoritas penumpang yang datang dan pergi menuju wilayah timur Indonesia, seperti Kupang, Maumere, dan Ende. Suksesnya Pelindo Regional 3 dalam melayani angkutan Nataru 2024/2025 tak lepas dari komitmen perusahaan dalam memberikan layanan terbaik dan efisien kepada pengguna jasa.
Baca Juga: Pelindo Regional 3 Raih Penghargaan TJSL dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Keberhasilan ini juga menunjukkan kesiapan Pelindo Regional 3 dalam menghadapi tantangan operasional di tengah peningkatan mobilitas masyarakat selama periode liburan. Meskipun terjadi penurunan jumlah penumpang, peningkatan volume kendaraan yang signifikan membuktikan efisiensi dan efektivitas operasional Pelindo Regional 3 dalam mengelola arus transportasi laut.
Ke depannya, lanjut ia menerangkan, Pelindo Regional 3 akan terus melakukan evaluasi dan peningkatan layanan untuk memastikan kelancaran dan keamanan transportasi laut bagi seluruh pengguna jasa. Antisipasi terhadap tren pergerakan penumpang dan kendaraan menjelang libur panjang, seperti Idul Fitri, juga akan menjadi fokus utama dalam perencanaan operasional Pelindo Regional 3.
Editor : Ading