Selasa, 18 Mar 2025 02:05 WIB

Debat Pilgub Jatim: Risma Ungkap Tata Kelola Birokrasi

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 03 Nov 2024 22:19 WIB
Pasangan Risma-Gus Hans

Pasangan Risma-Gus Hans

selalu.id - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut tiga Tri Rismharini ungkap prioritas program resik di debat kedua yakni soal birokrasi pemerintahan harus akuntabel transparan dan partisipasi layanan lebih dekat masyarakat.

“Jawa Timur sangat luas dan banyak diantaranya banyak daerah yang terpencil. Layanan ini harus bisa didekatkan di tingkat kelurahan kecamatan dan daerah layanan yang dilakukan adalah semua menggunakan teknologi informasi,” kata Risma, saat menyampaikan visi misi di debat kedua, Grand City Surabaya, Minggu (3/11/2024).

Baca Juga: Debat Pamungkas: 3 Cagub Jatim Bersaing Isu Lingkungan dan Transportasi

Risma menyebut layanan yang didekatkan tingkat kelurahan dan kecamatan khususnya di desa-desa terpencil agar bisa diakses langsung untuk masyarakat.

“Agar masyarakat mudah melakukan mulai pendaftaran anak sekolah peluang terhadap keluhan terhadap Sakit keluar terhadap layanan-layanan publik itu bisa diakses langsung,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Risma, pemerintah bisa memberikan pertanggungjawaban soal akuntability. Sehingga, bisa menggunakan teknologi informasi agar perizinan selesai.

“Kapan berapa biayanya itu dapat langsung dipantau oleh masyarakat demikian pula bagaimana layanan terutama tentang pengelolaan keuangan yang harus transparan,” terangnya.

Baca Juga: Golkar Surabaya Sukseskan Rekor MURI Senam Serentak Nasional

Calon Wakil Gubernur nomor urut tiga Gus Hans menambahkan bahwa misi visi di debat kedua ini, dirinya bersama Risma ingin meningkatkan insentif
untuk para aparat yang berprestasi berdasarkan married system.

“Sehingga mereka betul-betul bekerja dengan baik sesuai dengan kapasitasnya dan juga layanan yang maksimal,” tegasnya.

Lebih lanjut Gus Hans menjelaskan dia dan Risma juga berkomitmen jika terpilih. Mereka akan berkantor keliling seluruh Jawa Timur.

Baca Juga: Debat Pilgub Ungkap Kekecewaan Kinerja Pemprov Jatim

“Ini agar (kantor keliling) mendekatkan diri kita kepada masyarakat semuanya ingat esensi kita adalah melayani masyarakat jangan sampai masyarakat merasa tersulitkan oleh keberadaan birokrasi,” tegasnya.

“birokrasi bukan sesuatu yang menyulitkan tetapi justru harus memudahkan layanan kepada masyarakat dan itu semuanya Insyaallah pasti akan terjadi kalau kita memiliki jiwa yang resik resik resik dan resik,” tambahnya.

Editor : Arif Ardianto