Kamis, 20 Jun 2024 00:45 WIB

Pasar Otomotif Meningkat, Pertumbuhan Ekonomi Jatim Melaju Pesat

Foto: Pasar otomotif Jatim

Foto: Pasar otomotif Jatim

selalu.id - Daya pikat Surabaya untuk pasar otomotif di dalam negeri tidak bisa diabaikan menyusul pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur kian menunjukkan tren positif hingga kuartal I tahun ini (2024).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperbarui bulan Februari 2024 lalu, jumlah kendaraan bermotor di Provinsi Jawa Timur mencapai 23 juta unit, terdiri atas 20 juta unit kendaraan roda dua dan 3 juta unit kendaraan roda empat.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi tahun lalu di daerah tersebut tumbuh 4,9 persen dan pada kuartal I-2024 konsisten positif lebih dari Rp14,85 triliun dari catatan PDRB kuartal I tersebut. Pakar Ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Wisnu Wibowo menyebut, bahwa penjualan kendaraan kuartal I tahun 2004 memang mengalami kontraksi, baik untuk mobil yang terkoreksi 18,8 persen maupun motor sekitar 2,9 persen.

"Setidaknya terdapat tiga faktor utama yang memengaruhi penjualan kendaraan, yaitu kondisi ekonomi, regulasi dan rangsangan produk," terangnya, Kamis (25/5/2024).

Meskipun demikian, jika menilik optimisme perkembangan ekonomi ke depan dan harapan akan adanya penurunan suku bung The Fed pada kuartal III 2024, penjualan kendaraan diharapkan masih berpeluang untuk mengalami peningkatan sehingga mencapai target penjualan nasional sebesar 1,1 juta unit.

"Pertumbuhan positif penjualan kendaraan bermotor ke depan dipicu oleh ekspektasi positip terhadap pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan semakin membaik di kuartal berikutnya, khususnya di kuartal II dan III 2024 seiring dengan masih kuatnya konsumsi masyarakat," ujar dia.

Wisnu menambahkan, sektor lapangan usaha transportasi dan pergudangan di Jawa Timur masih menjadi motor pertumbuhan ekonomi dari sisi produksi yang didukung oleh tingginya mobilitas masyarakat akan mendorong permintaan atau penjualan kendaraan.

Secara nasional, hal ini juga didorong oleh pengembangan kendaraan listrik dan skema insentif pembelian menarik yang ditunggu oleh konsumen. Sebagai informasi, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, salah satu ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia bakal menyambangi Kota Surabaya pada 29 Mei hingga 2 Juni 2024 di Grand City Surabaya.

Danamon dan Adira Finance didukung oleh MUFG kembali berpartisipasi dalam ajang tersebut sebagai official bank partner, official multifinance partner, dan official trade-in partner melalui momobil.id dan momotor.id.

Selain memamerkan berbagai merk kendaraan roda dua dan roda empat, IIMS Surabaya 2024 juga menghadirkan IIMS Infinite Show dan IIMS Infinite Live. Para pengunjung dapat menikmati konser dari beragam musisi ternama tanah air, seperti Yura Yunita dan Ari Lasso.

"Menegaskan komitmen Danamon untuk tumbuh bersama dan hadir di setiap langkah dan tahap kehidupan nasabah, kami hadir sebagai grup perbankan dan multifinance yang kuat dan siap menjadi pilihan di industri otomotif masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya untuk memenuhi setiap kebutuhan finansial mereka," tegas Regional Corporate Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Irene Sri Redjeki

Baca Juga: Pajaknya Murah Parah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling

Editor : Ading