• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 11:41 WIB

PDAM Surabaya Pastikan Layanan Air Tak Terganggu selama Mudik Lebaran

Foto: Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Wisnu Cahyono

Foto: Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Wisnu Cahyono

selalu.id - Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Wisnu Cahyono memastikan ketersediaan layanan air bersih untuk masyarakat tak mengalami gangguan selama berlangsungnya masa mudik Lebaran 2024.

"Selama ini sebetulnya kami tidak melihat Lebaran atau hari biasa, kami semuanya siaga 24 jam," kata Arief Wisnu, usai bukber bersama ratusan anak yatim, di Hotel Harris Gubeng, Surabaya, Selasa (2/4/2024).

Wisnu sapaan akrabnya mengatakan bahwa PDAM juga berupaya meningkatkan pengawasan pada potensi gangguan air imbas pengerjaan proyek box culvert di sejumlah wilayah kelurahan.

“Gali-galian box curvelt sudah banyak dikerjakan di kelurahan yaitu ada beberapa sering juga pipa pipa kita yang berdampak. itu membuat kita harus lebih meningkatkan kapasitas siaganya,” ujarnya.

"Kalau pasokan air kami ada 16 tangki, insya Allah cukup," lanjutnya.

Kata dia, pengerjaan box culvert bisa memberikan dampak krusial, maka PDAM dalam waktu dekat melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Kemudian, apabila ada gangguan aliran air warga dimintanya untuk melayangkan laporan melalui aplikasi "Customer Information System" (CIS) milik PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

"Aplikasinya juga bisa untuk melakukan pembayaran tagihan," ujarnya.

Sementara, Direktur Operasional PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Nanang Widyatmoko menyatakan mekanisme penanganan gangguan aliran air dilakukan dengan mempersiapkan pipa temporer.

Panjang pipa temporer atau sementara yang dipersiapkan melihat pada kebutuhan di lapangan. "Itu sementara digunakan untuk mengganti pipa sekunder selama waktu perbaikan berjalan," jelasnya.

Lebih lanjut Nanang menyebut hingga saat ini penggantian pipa masih terus berjalan. Pemasangan itu juga melihat pada usia pipa, yakni 50 tahun untuk ukuran 100 mililiter dan 350 mililiter untuk usia 30 tahun.

Sedangkan optimalisasi pasokan air bersih mengandal enam instalasi pengolahan air bersih (IPAM). "Kami ada tiga di Ngagel dan tiga di Karangpilang," pungkasnya.

Baca Juga: Tiga Ribu Pekerja Migran Indonesia Tercatat Mudik di Momen Lebaran 2024

Editor : Ading