Rabu, 19 Jun 2024 23:52 WIB

Surabaya Inflasi Pangan, Begini Respon Ketua Kadin

Foto: Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya H.M. Ali Affandi

Foto: Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya H.M. Ali Affandi

selalu.id - Melonjaknya harga diberbagai kebutuhan pangan seperti beras, gula, telur, daging dan sayur-mayur di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya dalam sebulan terakhir telah mengakibatkan tingginya tingkat inflasi.

Berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya menunjukkan pada bulan Februari 2024, laju inflasi kota Surabaya tercatat mencapai 0,45 persen. Besaran inflasi tersebut jauh lebih tinggi dibanding tahun lalu pada periode sama yang hanya mencapai 0,1 persen.

Menanggapi kondisi tersebut, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya H.M. Ali Affandi mengungkapkan, naiknya harga berbagai kebutuhan tersebut senantiasa terjadi disaat menjelang bulan suci Ramadhan. Hal ini diakibatkan oleh naiknya konsumsi masyarakat di momen tersebut. Sehingga wajar jika terjadi kenaikan harga.

"Fenomena ini merupakan hal yang wajar karena masyarakat biasanya menyambut bulan suci dengan berbagai persiapan, termasuk persiapan makanan dan minuman untuk berbuka puasa," terangnya saat dikonfirmasi, Kamis (14/3/2024).

"Tentunya, peningkatan konsumsi ini juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, terutama bagi para pelaku usaha di Surabaya," imbuhnya.

Meski begitu, mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara ibadah dan konsumsi agar tidak melupakan esensi dari bulan Ramadhan itu sendiri.

Andi juga mengimbau para pengusaha, khususnya pebisnis muslim untuk lebih peduli terhadap kebutuhan masyarakat yang kurang mampu, terutama di bulan Ramadan. Ia menyatakan bahwa bulan suci Ramadhan adalah waktu yang penuh berkah dan rahmat bagi umat Muslim untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan.

Ia menyebut, bahwa ibadah dibulan Ramadhan ini bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan spiritualitas dan kepedulian terhadap sesama.

"Saling berbagi adalah kunci untuk memperkuat kebersamaan dan kepedulian kita terhadap sesama. Saya berharap, seluruh umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, serta senantiasa berbuat baik kepada orang lain. Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk saling berbagi kepada yang membutuhkan," tukasnya.

Baca Juga: Kadin Sebut Kenaikan Pajak Hiburan Ancam PHK Puluhan Juta Pekerja

Editor : Ading