Kamis, 20 Jun 2024 01:03 WIB

Tiga TPS di Tandes Bakal Lakukan Pemungutan Suara Ulang, Ini Penyebabnya

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 15 Feb 2024 06:47 WIB
TPS di Tandes Surabaya berpotensi melakukan pemungutan suara ulang

TPS di Tandes Surabaya berpotensi melakukan pemungutan suara ulang

selalu.id - Tiga TPS di kecamatan Tandes memiliki potensi melakukan pemungutan suara ulang untuk bagian Caleg DPRD, Kamis (15/2/2024).

Hal ini dikarenakan KPU Surabaya melakukan kesalahan pendistribusian logistik kotak suara untuk Caleg DPRD di tiga tempat TPS di wilayah kecamatan Tandes yakni, TPS 06 Balongsari, TPS 12 Banjarsugihan dan TPS 02 Manukan Kulon.

Ketiga TPS itu, tak mendapat surat suara untuk Caleg DPRD kota Surabaya. Lantaran pihak panitia penyelenggara Pemilu menarik surat suara yang salah.

Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tandes, Anugrah Rahman Taufani mengatakan, tiga TPS yang berpotensi besar dilakukan pemungutan suara ulang.

“Ada potensi untuk dilakukan pemungutan suara ulang. Sudah terkonfirmasi ada tiga TPS, bisa tambah lagi. TPS Banjarsugihan, Balongsari sama Manukan Kulon,” kata Anugrah, Kamis (15/2/2024)z

Anugrah menyampaikan, pemungutan suara ulang itu dilakukan karena pihaknya menemukan adanya surat suara DPRD Kota Dapil Surabaya II yang tercampur di kotak suara di tiga TPS Tandes, dan semuanya telah dalam kondisi tercoblos. Padahal Tandes masuk dalam Dapil Surabaya V.

“Harusnya kan bukan seperti itu. Istilahnya luput. Iya dilakukan pemungutan suara ulang khususnya untuk pemungutan suara DPRD kabupaten/kota,” ujarnya.

Hingga kini, pihaknya masih melakukan penelusuran di TPS-TPS lain yang berada di wilayah Kecamatan Tandes, apakah ada kesalahan serupa selain di tiga lokasi tersebut.

“Kami masih nunggu semuanya terkonfirmasi TPS kecamatan ini karena nanti kita satukan. Ini masih proses penghitungan,” tuturnya.

Nantinya, Panwascam setempat akan berkoordinasi dengan pihak terkait guna mendapat rekomendasi dari Bawaslu Surabaya.

Baca Juga: Putra Sulung Mensos Risma Menang Telak di Kelurahan Tanjung Perak

“Ini masih ditelusuri, kami juga harus memenuhi syarat formil dan materiel, supaya bisa menjadikan satu rekomendasi ke PPK dan KPU Kota Surabaya, dan kita teruskan ke Bawaslu Kota Surabaya, untuk diberikan surat mandat rekomendasi coblos ulang atau pemungutan suara ulang,” pungkasnya.

Baca Juga: Diduga Terjadi Pelanggaran, 15 TPS di Mulyorejo Potensi PSU dan Tindak Pidana

Editor : Ading