Sabtu, 22 Jun 2024 22:36 WIB

Ditemukan Bom Tua di Sungai Kertajaya Surabaya

  • Reporter : Ade Resty
  • | Senin, 14 Agu 2023 21:29 WIB
Penemuan mortil di Sungai Kertajaya Surabaya

Penemuan mortil di Sungai Kertajaya Surabaya

selalu.id - Pekerja Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDAM) menemukan mortil atau senjata artileri yakni sejenis bom saat sedang menggali sungai di depan gudang kosong yang berada di Jalan Kertajaya 8-C No 53, Senin (14/8/2023).


Informasi yang dihimpun selalu.id, melalui laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya bahwa penemuan mortil itu terjadi sekitar pukul 16.59 WIB.

Baca Juga: Ini Penyebab Ledakan di Markas Brimob Surabaya



Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Surabaya Buyung Hidayat mengatakan bahwa mortil sepanjang 13 cm dan lebar 6 cm itu ditemukan oleh pekerja bernama Purnomo (37), saat sedang melakukan perbaikan plengsengan sungai bersama pekerja-pekerja lainnya.

"Disaat menggali sungai, tepat di belakang pos kampling, Purnomo menemukan barang yang mencurigakan," kata Buyung, melalui laporannya kepada selalu.id.

Buyung menyampaikan, Purnomo saat itu curiga sehingga ia mencoba menggali lebih dalam, alhasil menemukan barang berupa mortil.

"Purnomo pun memberitahu rekan-rekan yang dan mengangkat barang tersebut serta memindahkannya di area yang lebih aman," jelasnya

Mereka pekerja pun langsung mengamankan barang tersebut dan menghubungi command center 112 untuk tindak lanjut. Petugas pun menghubungi kepolisian dan tim gegana untuk memeriksa senjata yang diperkirakan berusia puluhan tahun itu.

Baca Juga: Begini Penjelasan Polda Jatim Soal Ledakan di Markas Brimob Surabaya



"Setelah dilakukan pengecekan, mortil tersebut dibawa dan diamankan oleh Tim Gegana," pungkasnya.

Editor : Ading