• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 23 Feb 2024 15:08 WIB

Bagi-bagi Kursi Roda di Kecamatan Bulak, Kartar Surabaya Gerak Cepat Tanggapi Kesulitan Warga

Pemberian kursi roda kepada warga

Pemberian kursi roda kepada warga

selalu.id - Karang Taruna Surabaya menyalurkan bantuan sosial kepada para lansia dengan membagikan sejumlah kursi roda, salah satunya di Kecamatan Bulak, Sabtu (10/6/2023) kemarin.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Bulak,
Moh. Amirul Mukminin mengatakan bahwa bantuan kursi roda itu merupakan program sosial care yang digagas oleh Karang Taruna untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga: Anggarkan RP 45 Miliar, Pemkot Surabaya Bakal Lanjutkan Proyek Box Culvert Babat Jerawat-Pakal

Amirul menyampaikan pihaknya menemukan beberapa aduan dari pengurus karang taruna di kawasan Bulak, ternyata banyak lansia yang membutuhkan kursi roda itu.

"Ini kebetulan memperingati hari Lansia Sedunia. Kemarin pas tepat aduan dari teman-teman Kartar ternyata ada banyak lansia yang sakit stroke, butuh nutrisi dan sebagainya. Makanya kita laksanakan kerja bantuan itu,"kata Amirul, kepada selalu.id, Minggu (11/6/2023).

Kata dia, sebanyak empat kursi roda dibagikan di setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Bulak. Yakni di Kelurahan Bulak, Kedung Cowek, Kenjeran, dan Sukolilo Baru.

Baca Juga: Hasil Sirekap Pileg Berubah, Transparasi KPU Surabaya Dicurigai

Tak hanya lansia yang diberikan kursi roda, Amirul menerangkan bahwa pihaknya juga memberi kursi roda khusus untuk anak disabilitas yang tidak bisa berjalan.

"Setiap kelurahan kita data. Kita hanya dapat di Kelurahan, jadi satu (kursi roda) setiap kelurahan yang paling membutuhkan dari lansia yang lainnya. Kami juga memberi salah satu anak disabilitas yang kaki bengkok tidak bisa jalan, di wilayah Kenjeran,"jelasnya.

Lebih lanjut Amirul menjelaskan bahwa program Sosial Care dari Karang Taruna Surabaya ini sangat membantu masyarakat. Ia menyebut, ketika ada aduan, pihaknnya langsung bergerak cepat memberi bantuan sosial.

"Program ini juga kerjasama dengan Kementerian Sosial, kita lakukan setiap kali ada aduan masyarkat kita tindak lanjuti. Terkait bantuan sosial, misalnya anak putus sekolah, masalah yang lain, sakit dan sebagainya,"ungkapnya.

Baca Juga: Pria di Surabaya Ditemukan Tewas Tertelungkup di Tandon Air

Ia pun berharap dengan adanya sosial care ini dapat meningkatkan jiwa sosial para anggota Karang Tauran mulai tingkat RT, RW, Kelurahan, maupun kecamatan.

"Mereka merasa kegiatannya kartar kok setahun sekali. Mindset kita rubah bahwasanya Karang Taruna tidak hanya meramaikan 17 Agustus atau agenda tahunan saja,"tegasnya.

"Kita ada program membantu yang membutuhkan sekaligus untuk menumbuhkan jiwa sosial baik anggota karang taruna maupun masyarakat," pungkasnya (Ade/SL1)

Editor : Redaksi