Sabtu, 20 Jul 2024 19:21 WIB

Sinyal Pertumbuhan Ekonomi, Pabrik Pakan Udang Investasi 350 Miliar di PIER

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 23 Des 2021 09:33 WIB
Penandatanganan kerjasama

Penandatanganan kerjasama

selalu.id - Satu lagi investasi asing masuk ke Jawa Timur. Dia adalah PT Indonesia Evergreen Pasuruan, investor dari China yang berinvestasi membangun pabrik pakan dan probiotik di kawasan industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Nilai investasi yang ditanamkan mencapai Rp350 miliar.

Penandatanganan Perjanjian Penggunaan Tanah Industri (PPTI) antara PT Indonesia Evergreen Pasuruan dengan PT SIER, dilaksanakan di Wisma SIER, Jalan Rungkut Industri Raya 10, Surabaya, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Dirut SIER Bagikan Tips Memupuk Kepemimpinan Adaptif ke Mahasiswa ITS

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT SIER Silvester Budi Agung dengan Direktur Utama PT Indonesia Evergreen Pasuruan, Tina Maria.

Penandatanganan ini disaksikan langsung Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro, Direktur Utama PT SIER, Fattah Hidayat dan Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono.

Usai penandatangan kerjasama, Direktur Utama PT Indonesia Evergreen Pasuruan, Tina Maria mengatakan, pihaknya sangat bersyukur akhirnya perusahaannya bisa berinvesasi di Jawa Timur, tepatnya di PIER yang masuk dalam kawasan industri SIER.

Dia mengatakan, investasi ini pabrik kedua setelah di Lampung. Total nilai investasinya mencapai Rp350 miliar, dengan kapasitas produksi pakan ikannya mencapai 200 ribu ton per tahun.

"Untuk tahap pertama, akan kami bangun kapasitas 100 ribu ton terlebih dulu. Tahap kedua kami bangun 100 ribu ton lagi. Investasi ini nilainya dua kali lipat dari investasi pertama di Lampung yang sudah kami laksanakan," ujar Tina.

Secara khusus, Tina mengucapkan terima kasih kepada jajaran direksi PT SIER, yang telah menerima dengan sangat baik investor asing masuk ke SIER.

"Keputusan kami berinvestasi di Kawasan Industri PIER di Pasuruan ini kami ambil setelah berbagai kajian bisnis dan survey lapangan yang pada akhirnya memang paling tepat untuk berinvestasi membangun pabrik baru kami di PIER. Strategisnya lokasi dan kesiapan infrastuktur industi termasuk ketersediaan energi dan air industri menjadi pertimbangan utama kami memilih membangun pabrk di PIER,” ungkapnya.

Baca Juga: Sisihkan 400 Perusahaan, SIER Raih Penghargaan ASEAN Risk Award 2024

Tina juga berharap, kerjasama ini terus berjalan harmonis, bisa terus berjalan bersama dan berkembang bersama untuk memajukan Jawa Timur. "Kerjasama ini sangat penting. Karena kami dapat lebih mengembangkan lagi pangsa pasar di Indonesia Timur khususnya pakan ikan dan ternak. Semoga kerjasama terus harmonis," katanya antusias.

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER Fattah Hidayat, sangat gembira dengan penandatanganan PPTI ini. Ke depan, Fattah berharap tidak hanya kerjasama penjualan lahan untuk industri, tapi juga bisa peluang bisnis lainnya yang bisa dikerjasamakan.

"Penandatanganan kerjasama ini tentu dinanti banyak pihak, utamanya Pasuruan dan Jawa Timur. Karena investasi ini akan membuka lapangan kerja dan akan meningkatkan kemajuan ekonomi Pasuruan dan Jawa Timur," ungkapnya.

Baca Juga: Dukung Revitalisasi Kota Lama Surabaya, SIER Beri Bantuan Becak Wisata Listrik

Sedangkan Kejari Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro mengatakan, PT SIER selaku perusahaan milik pemerintah perkembangan bisnisnya sangat maju, sehingga ikut menggerakkan program pembangunan. Contohnya adalah penandatangan PPTI antara PT SIER dengan PT Indonesia Evergreen Pasuruan ini.

"Kami dari Kejari Pasuruan, selaku jaksa pengacara negara dari PT SIER, juga selaku jaksa pengacara dari Pemkab Pasuruan, sangat mendukung kerjasama ini. Kami sesuai dengan perintah Kejaksaan Agung Republik Indonesia, untuk mengamankan investasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Sehingga ketika ada perjanjian kerjasama dikawal, didampingi agar program investasi bisa berjalan dengan sebenar-benarnya," ungkapnya.

Ramdhanu menilai, proses perjalanan kerjasama ini sangat baik. Jika ada proses yang bisa dipercepat, dilakukan percepatan. "Saya perhatikan sejak awal program ini berjalan tanpa ada hambatan," ujarnya.

Fungsi Kejari Pasuruan dalam perjanjian ini, jelas Ramdhanu, adalah untuk mengamankan proses investasi. Pengamananya itu meliputi pengamanan aturan, pengamanan terirotial di wilayah Pasuruan, termasuk melihat perjanjian-perjanjiannya seperti legal draftingnya.

"Saya melihat perjanjian kerjasama ini sangat menguntungkan bagi Pasuruan. Efeknya sangat berarti bagi Pasuruan ke depannya. Semoga perjanjian ini berjalan harmonis baik antara PT SIER, Pemkab Pasuruan dengan PT Indonesia Evergreen Pasuruan," pungkasnya. (SL1)

Editor : Redaksi