Rabu, 26 Jun 2024 02:01 WIB

Senja Surya 3.0 di Pasar Tradisional, Transaksi Hingga Rp 10 Juta Per Hari

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 02 Jun 2024 10:52 WIB

Selalu.id - Selama sembilan hari digelar, Senja Surya 3.0 sukses menarik minat pengunjung dan mendongkrak transaksi penjualan UMKM. Kini penggelaran event sembilan hari ini resmi ditutup pada Jumat (31/5/2024) malam.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya, Agus Priyo mengungkapkan bahwa Senja Surya 3.0 dikemas dengan berbagai acara menarik. 

Baca Juga: Judi Online Makan Korban Lagi, Dua OS Pemkot Surabaya Dipecat

Hasilnya, Senja Surya 3.0 sukses mencatatkan transaksi penjualan rata-rata Rp9-10 juta per hari.

"Jadi kurang lebih totalnya sekitar Rp 81 juta sekian. Kenapa menarik? Karena ada doorprize utama motor dan Alhamdulillah sudah diundi, ada pemenangnya," kata Agus Priyo ditemui saat kefiatan penutupan Senja Surya 3.0.

Ia menjelaskan, Senja Surya ini bertujuan mengenalkan kembali pasar tradisional di bawah pengelolaan PD Pasar Surya. Sekaligus pula mengubah citra pasar menjadi lebih menarik dan kekinian.

Bahkan, pada penutupan Senja Surya 3.0 yang bertepatan dengan HJKS ke-731 ini, dilaksanakan event bertajuk Night Run. Penutupan Senja Surya 3.0 juga semakin dengan penampilan musik dari Disc Jockey (DJ). 

Live perform DJ masuk pasar ini merupakan yang kedua di Surabaya. Sebelumnya DJ pernah masuk pasar dan show di Pasar Wonokromo.

"Senja Surya pertama kita mengundang beberapa komunitas, yang kedua kita mengundang beberapa bintang tamu, dan yang ketiga ini kita adakan Night Run," bebernya.

Baca Juga: Bayi di Surabaya Bakal di Tes Darah, Ini Alasannya

Senja Surya 3.0 menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya. Hal ini menunjukkan upaya PD Pasar Surya dalam menarik minat pengunjung dan meningkatkan transaksi membuahkan hasil.

PD Pasar Surya juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Seperti BRI dan KERRY Apex. Penggunaan QRIS BRI sebagai metode pembayaran pun menjadi terobosan untuk meningkatkan denyut nadi perekonomian UMKM.

""Pak Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya sudah support betul, support nyata ke PD Pasar Surya, dan PD Pasar Surya harus berkembang. Itu tantangan buat kami di manajemen, bagaimana cara kami mengikuti fashion Pak Eri Cahyadi untuk mengembangkan Kota Surabaya," jelasnya.

Di waktu yang sama, Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, Akhmad Suyanto mengapresiasi upaya PD Pasar Surya dalam menghidupkan kembali pasar tradisional melalui Senja Surya. Ia berharap acara ini dapat menjadi kegiatan rutin dan terus berkembang.

Baca Juga: 3,5 Tahun Penerangan Surabaya, Kini 113 Ribu Lebih PJU Terpasang

"Senja Surya 3.0 saya kira menjadi awal untuk kembali menggenjot aktivitas perekonomian," kata Suyanto. 

Ia menyadari jika dunia pasar tradisional itu berbeda. Namun, ia meyakini, semakin banyak aktivitas di pasar, maka akan mendongkrak transaksi penjualan.

"Semakin banyak aktivitas, semakin banyak kerumunan, semakin banyak hubungan sosial antar masyarakat, itu adalah awal dari adanya transaksi," pungkasnya.

Editor : Redaksi