Rabu, 22 Mei 2024 02:37 WIB

PSI Buka Peluang Usung Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya 2024

Foto: Bayu Airlangga

Foto: Bayu Airlangga

selalu.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka peluang akan berkoalisi dengan parpol yang ada di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilwali Surabaya 2024. Ketua Dewan Pembina PSI Jawa Timur Teguh Cahyadin menyampaikan PSI membuka berbagai opsi di Pilwali Surabaya 2024.

"Kami melihat situasinya masih dinamis, target PSI adalah ada kader kami minimal di posisi cawawali Surabaya 2024," kata Gus Din kepada selalu.id saat dikonfirmasi, Sabtu (11/5/2024).

Pria yang akrab disapa Gus Din ini juga menyampaikan PSI siap bekerja sama dengan partai-partai yang ada di KIM untuk mengusung calon baru di Pilwali Surabaya 2024.

"Kita lihatkan Eri Cahyadi saat ini ramai ya gandeng lagi dengan Armuji, berarti merah-merah. Kita lihat konfigurasi di pusat juga, jika memang partai-partai di KIM semacam Golkar atau Gerindra membuat poros baru di Surabaya tentu kita buka peluang di poros baru itu," jelasnya.

"Kami harap PSI yang punya lima kursi DPRD Kota Surabaya bisa mencalonkan kader sendiri minimal sebagai wakil," tambahnya.

Gus Din mengaku dirinya membuka peluang mengusung menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo), Bayu Airlangga untuk Pilwali Surabaya 2024 bersama dengan Golkar dan Gerindra yang notabene parpol di KIM.

"Kebetulan Bayu juga Golkar dan Ketua Projo Jatim, tentu kami buka opsi-opsi itu. Apalagi akan sangat kuat jika parpol KIM bersama. Apalagi Golkar sudah memberi sinyal mendorong Bayu Airlangga maju di Pilwali Surabaya," jelasnya.

Meski begitu, Gus Din melihat sosok Bayu merupakan figur yang merakyat dan mau turun ke bawah. Gaya Bayu disebutnya mirip dengan Pakde Karwo yang notabene merupakan mertua Bayu.

"Bayu merakyat, karena Surabaya butuh sosok merakyat, egaliter. Tentu opsi-opsi ini sangat terbuka untuk dipertimbangkan PSI. Yang pasti, PSI akan mendukung calon yang mau melanjutkan pembangunan," tandasnya.

Untuk diketahui, Bayu Airlangga memiliki rekam jejak pemerintahan yang mumpuni selama di parlemen. Apalagi melihat figur dibelakangnya yakni Pak Dhe Karwo, diyakini Bayu akan membawa Surabaya menjadi kota yang lebih maju dimasa mendatang.

Munculnya nama Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya, menjadikan masyarakat akan semakin banyak alternatif pilihan calon pemimpin baru dan pandangan baru untu masadepan kota Pahlawan ini.

Baca Juga: Tak Buka Pendaftaran, Golkar Surabaya Hanya Usulkan Dua Nama di Pilwali

Editor : Ading