• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 19 Mei 2024 00:44 WIB

HUT Surabaya ke-731 Menghadirkan Gus Iqdam hingga Konser Gilga Sahid

HUT Surabaya ke-731

HUT Surabaya ke-731

selalu.id - Kota Surabaya segera memasuki usia ke-731 tahun pada 31 Mei 2024. Sederet event spesial disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 itu. Berbagai event spektakuler itu akan menjadi kado istimewa yang akan disuguhkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada warga Kota Surabaya.

Salah satu event yang dipastikan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya itu adalah pengajian akbar bersama KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam dari Kabupaten Blitar. Bahkan, ada pula Surabaya Bersholawat bersama Al-Habib Syech bin Abdul Qodir As-Segaf atau sering disapa Habib Syech. Tak hanya pengajian, Wali Kota Eri juga menyiapkan konser Gilga Sahid yang terkenal dengan lagu-lagu jawanya.

Dalam semarak HJKS ke-731 ini, Pemkot Surabaya mengusung tema “Satukan Tekad Surabaya Hebat”. Slogan #SurabayaNduweGawe juga terus digaungkan agar masyarakat ikut berpartisipasi dan meramaikan semarak event HJKS ini. Tak hanya membidik warga lokal, Pemkot Surabaya juga menarik minat para pelancong dari luar kota hingga mancanegara melalui paket-paket wisatanya.

Sederet event HJKS ini dimulai dengan Surabaya Shopping Festival (SSF) yang digelar lebih awal pada 15-14 April 2024. Selain untuk menyambut HJKS ke-731, SSF turut menyemarakkan momentum Ramadan hingga libur lebaran 2024, sehingga dapat menarik minat para wisatawan.

Di tahun ini, sebanyak delapan asosiasi ikut serta meramaikan SSF. Di antaranya, pengusaha kafe dan restoran, ritel, travel agent, perhotelan, hingga rumah sakit dan klinik. Mereka kompak menawarkan paket promo, hingga diskon besar-besaran yang menyasar pada kebutuhan warga.

“Alhamdulillah kita ada Surabaya Shopping Festival (SSF) yang untuk diskon atau potongan harga di semua mal atau pusat perbelanjaan di Kota Pahlawan. Selain berbelanja dan berwisata, perhimpunan rumah sakit maupun klinik kesehatan dan kecantikan juga menyediakan promo menarik. Seperti paket pemeriksaan kesehatan, layanan perawatan, cek laboratorium, hingga perawatan kecantikan,” kata Wali Kota Eri.

Selanjutnya, mengawali bulan Mei 2024 yang merupakan bulan Hari Jadi Kota Surabaya, pemkot menggelar ruwatan dan pagelaran wayang kulit di Tugu Pahlawan, pada Sabtu (4/5/2024) kemarin. Ruwatan dan pagelaran wayang kulit itu menyedot perhatian masyarakat, pasalnya banyak generasi muda yang ikut menyaksikan acara tersebut.

Apalagi, tampilan wayang dengan lakon yang berjudul ‘Sang Bima’ dimainkan oleh 1 dalang bocah dan 3 dalang muda. Yakni, Ki Rendra Adam, Ki Bayu Wiyan Wijaya, Ki Tee Boen Liong (Sabdo Sutejo), dan Ki Nyui Warsono.

“Wayang ini adalah budaya bangsa, saya sangat respect dengan pagelaran wayang ini. Karena yang bermain wayang adalah dalang cilik, dan para pengrawitnya adalah anak-anak,” kata dia.

Pada Jumat, 10 Mei 2024, Pemkot Surabaya akan menggelar pengajian akbar bersama KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam dari Kabupaten Blitar. Pengajian akbar bersama Gus Iqdam ini akan dimulai sekitar pukul 21.00 WIB di Balai Kota Surabaya.

“Kita lakukan di balai kota, jadi nanti Insyaallah kita akan tutup Jalan Jaksa Agung Suprapto sampai (Jalan Yos Sudarso) depannya DPRD. Insyaallah Gus Iqdam akan memulai ceramah pukul 21.00 WIB atau 21.30 WIB. Tapi sebelumnya ada hadrah dari Gus Iqdam juga,” jelasnya.

Event tahunan Festival Rujak Uleg juga akan digelar berbeda tahun ini. Selama ini, festival yang menyedot banyak wisatawan ini digelar di Kembang Jepun atau Kya-kya, namun tahun ini akan digelar di Balai Kota Surabaya pada Minggu (19/5/2024), karena di Kya-kya masih banyak perbaikan yang harus diselesaikan.

“Nanti juga akan ada Surabaya Bersholawat bersama Habib Syech yang akan digelar pada Jumat (24/5/2024). Surabaya Bersholawat ini akan kami gelar khusus di Tugu Pahlawan,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, Pemkot Surabaya bersama EBSFM menghelat event bagi anak-anak muda di Kota Pahlawan. Event berjudul Surabaya Pesta Pora akan digelar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, pada tanggal 21-26 Mei 2024. Dalam acara itu, akan ada berbagai kompetisi olahraga yang akan digelar, termasuk pula ada kuliner dan penampilan musik.

Selanjutnya perhelatan Surabaya Vaganza atau Parade Bunga juga dipastikan semakin meriah pada tahun ini. Event spektakuler ini akan digelar dari Tugu Pahlawan hingga Alun-Alun Surabaya pada Minggu, 26 Mei 2024.

Kemudian pada akhir Mei atau tanggal 31 Mei 2024, Pemkot Surabaya akan menggelar Resepsi Hari Jadi Kota Surabaya ke-731 di halaman Balai Kota Surabaya. Lalu pada sore harinya, Wali Kota Eri akan melaunching Wisata Kota Lama Surabaya.

“Akhir bulan Mei 2024, insyaallah kita akan meresmikan Wisata Kota Lama. Saat ini, struktur Kota Lama sudah selesai. Ini akan menjadi kado terindah bagi warga Kota Surabaya,” tuturnya.

Terakhir, pada puncak peringatan HJKS ke-731, Wali Kota Eri akan mengelar konser musik dengan mengundang Gilga Sahid, pada Jumat, 7 Juni 2024. Konser musik ini dapat disaksikan oleh masyarakat di Balai Kota Surabaya.

“Ada juga nanti Festival Band Anak Sekolah tingkat SMP dan SMA. Insyaallah akan sangat meriah,” ujarnya.

Oleh karena itu, dalam rangka menarik wisatawan berkunjung ke Surabaya pada saat HJKS ke-731 ini, Pemkot Surabaya sudah bekerjasama dengan travel agent. Nantinya, para wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara akan disiapkan tempat khusus untuk menyaksikan berbagai event spektakuler itu, terutama event Parade Bunga dan Festival Rujak Uleg.

“Jadi, seluruh warga Kota Surabaya, ayo ikut meramaikan semua event HJKS yang akan kami gelar itu,” pungkasnya. (ADV)

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Pemkot Percepat Pengentasan Kemiskinan

Editor : Ading