Rabu, 22 Mei 2024 02:17 WIB

PT SIS Sebut Penjualan Mobil Suzuki Naik 14 Persen Selama Maret 2024

Foto: Suzuki

Foto: Suzuki

selalu.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat adanya kenaikan penjualan mobil Suzuki secara nasional sebesar 14 persen pada Maret 2024 dibandingkan bulan sebelumnya.

Berdasarkan hasil yang diterima, kendaraan kategori penumpang mendominasi penjualan sebesar 60 persen dan komersial sebesar 40 persen. Sementara dari penjualan kendaraan penumpang tersebut, kendaraan hybrid Suzuki memegang peran utama dengan dominasi hasil penjualan hingga 51 persen.

Dept. Head of 4W Sales PT SIS, Randy R. Murdoko mengatakan, hasil positif tersebut tidak terlepas dari kepercayaan pelanggan terhadap Suzuki yang terus memberikan produk berkualitas serta pelayanan aftersales yang menjanjikan.

Selain itu, faktor pendukung lainnya datang dari persiapan sejumlah masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan yang nyaman dan efisien menjelang libur Hari Raya Idul Fitri.

"Kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang nyaman, efisien, dan memiliki jaminan berkualitas menjadi beberapa faktor utama dari meningkatnya penjualan bulan Maret 2024," katanya, Sabtu (27/4/2024).

Dikatakannya, catatan positif penjualan tersebut merupakan hasil usaha bersama mulai dari jaringan dealer resmi hingga aftersales yaitu bengkel resmi yang berkomitmen untuk memberi pelayanan maksimal demi kepuasan dan kepercayaan para pelanggan setia.

Berdasarkan data PT SIS, saat ini Suzuki memiliki 3 model kendaraan hybrid yang menjadi unggulannya yaitu Grand Vitara, New XL7 Hybrid, dan All New Ertiga Hybrid Cruise. Sementara jika rinci kontribusi penjualan kendaraan hybrid Suzuki terbesar New XL7 Hybrid sebesar 60 persen, disusul All New Ertiga Hybrid Cruise yang mencapai 31 persen, dan Grand Vitara sebesar 9 persen.

Suzuki mengklaim 91 persen dari total kendaraan hybrid yang dijual merupakan hasil produksi lokal. Model mobil hybrid yang diproduksi lokal ini juga merupakan model yang sama yang diekspor ke beberapa negara lain yang terdapat di benua Amerika Selatan, Oceania, hingga Asia.

Selain kendaraan hybrid, beberapa model mobil passenger Suzuki juga menunjukkan performa penjualan baik sepanjang bulan Maret 2024. Seperti Baleno yang membukukan peningkatan penjualan sebesar 128 persen, sementara Ignis meningkat 33 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Secara wilayah, penjualan mobil passenger Suzuki tertinggi dicetak oleh Jabodetabek, disusul oleh Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta Jawa Barat, Bali dan Kalimantan Timur," urainya.

Peningkatan penjualan tersebut rupanya juga ikut mendongkrak market share Suzuki khususnya pada mobil 3 baris (3 row car). Pada kuartal I-2024, market share XL7 naik 6 persen di segmen 3 Row SUV (Mid) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Ertiga juga mencatatkan peningkatan market share sebesar 1 persen pada kuartal I-2024.

"Pencapaian ini membanggakan sebab diketahui kondisi market size 3 Row MPV secara keseluruhan merek saat ini mengalami penurunan hingga 1,7 perseen dibandingkan tahun sebelumnya," tandas Randy.

Dia menambahkan, kepercayaan yang tinggi dari konsumen tersebut tak lepas dari dukungan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) juga membuktikan kinerja yang optimal untuk mencapai efisiensi bahan bakar. Termasuk kesiapan jaringan bengkel resmi, layanan service dan ketersediaan spareparts yang memadai hingga ke seluruh Indonesia.

"Kami menyadari bahwa industri otomotif menjadi salah satu sektor andalan yang berperan dalam perekonomian nasional. Oleh sebab itu, kami selalu berusaha untuk meningkatkan mutu dari produk dan pelayanan Suzuki untuk seluruh masyarakat," ujarnya. 

Editor : Ading