Kamis, 20 Jun 2024 01:23 WIB

Gandeng PT Freeport, PLN Kebut Pemanfaatan Energi Bersih di Jawa Timur

Ilustrasi Pembangkit listrik

Ilustrasi Pembangkit listrik

selalu.id - Dukung pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di Jawa Timur, PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian kerja sama Renewable Energy Certificate (REC) dengan PT Freeport Indonesia di Surabaya, Jumat (08/03). Melalui kerja sama ini, PT Freeport Indonesia membeli energi hijau (REC) sebanyak 1.009.000 unit REC atau setara Rp35 Miliar untuk periode 3 tahun (2023-2025) dari pembangkit EBT PLN.

REC merupakan bentuk layanan PLN untuk memudahkan pelanggan mendapatkan pengakuan internasional atas penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang transparan, akuntabel, dan diakui secara global. Setiap sertifikat REC membuktikan bahwa listrik per megawatt hour (MWh) yang digunakan pelanggan berasal dari pembangkit EBT atau nonfosil.

Baca Juga: Peringati Idul Adha, PLN Salurkan 15.000 Paket Daging Kurban di Jawa Timur

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Executive Vice President Corporate Strategy PT Freeport, Horst-Dieter Garz bersama Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gresik, Andi Seno Hendriatmoko, disaksikan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo dan Vice President PAE Sektor Swa dan Bisnis Individu, Fauzi Arubussman.

General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo menyambut positif kerjasama ini. Apalagi, PT Freeport merupakan perusahaan besar yang berkomitmen turut berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon dunia.

"Untuk memberi kesempatan kepada pelanggan, PLN memiliki peran dan keterlibatan aktif dalam program transisi energi. PLN menyediakan layanan REC dari pembangkit EBT yang telah ada.. Kami sangat mendukung para pelanggan kami memiliki semangat dan antusiasme yang sama terhadap suksesnya transisi energi di Indonesia," terang Agus kepada selalu.id, Senin (11/3/2024).

Baca Juga: Upaya Capai Transisi Energi, PLN Terus Berkomitmen Wujudkan NZE 2060

Sementara itu, Horst-Dieter Garz selaku Executive Vice President Corporate Strategy PT Freeport Indonesia mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan harapan adanya kerja sama yang berkelanjutan di masa depan.

"Kami merasa sangat terhormat berada di sini dan kami sangat senang menjadi pelanggan jangka panjang PLN," ucap Horst-Dieter.

Hingga tahun 2023, PLN UID Jawa Timur telah menjual REC kepada 28 pelanggan yaitu sebanyak 863.724 unit REC yang setara dengan Rp30,3 Miliar.

Baca Juga: Kinerja PLN 2023 Membaik dari Pelanggan Golongan Rumah Tangga

REC PLN merupakan produk kerja sama PLN dan Clean Energy Investment Accelerator (CEIA), yang merupakan bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk produksi tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan.

REC dari PLN ini menggunakan sistem pelacakan elektronik dari APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat, untuk memastikan setelah sertifikat diterbitkan, tidak dapat dibeli atau dijual ke pihak lain. Seluruh proses juga telah diverifikasi sehingga memenuhi standar.

Editor : Arif Ardianto