• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 23:15 WIB

Pemprov Jatim Rencanakan Penerbangan Langsung Surabaya-Bangkok

Foto: Pj. Adhy Karyono bersama Duta Besar Thailand

Foto: Pj. Adhy Karyono bersama Duta Besar Thailand

selalu.id - Terkait dengan adanya kerjasama antara Indonesia (khususnya Jawa Timur) dengan Thailand, yang mana hubungan ini akan dapat diperkuat di bidang pariwisata. Jawa Timur memiliki potensi luar biasa, begitu pula masyarakat Jatim yang tertarik dengan objek wisata di Thailand.

Masyarakat Jawa Timur sendiri sudah akrab dengan Thailand sebagai salah satu destinasi pariwisata budaya, dan kuliner, terutama dengan dibukanya industri pariwisata halal di Thailand. Makanan dan jajanan Thailand yang tersertifikasi halal juga menjadi daya tarik bagi masyarakat Jatim.

Terkait hal itu, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, menekankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyambut baik rencana pembukaan penerbangan langsung Surabaya-Bangkok.

"Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya dan selamat datang di Jawa Timur, sungguh kehormatan bagi kami. Masyarakat Jawa timur sangat mengenal Thailand atas budaya, hiburan, terutama destinasi wisata dan kuliner atau jajannya. Kita dengan tangan terbuka mengupayakan aksesibilitas bandara udara untuk menghubungkan Thailand dan Jawa Timur," katanya kepada selalu.id, Sabtu (2/3/2024).

Kendati demikian, Adhy juga menyebutkan besarnya kemungkinan kerjasama dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sehubungan dengan energi baru terbarukan. Selain itu, ia ingin hubungan ini akan mendorong aksesibilitas lebih mudah di Jatim melalui pembangunan tol laut dan pemanfaatan pelabuhan internasional Probolinggo.

"Kerja sama ini juga berpotensi untuk dikembangkan dalam pembangunan PLTS, teknologinya sudah  harus ada dan Jatim bisa mendapat penguatan di bidang infrastruktur, contohnya dengan pembangunan tol laut dan memanfaatkan potensi Pelabuhan Internasional Probolinggo," paparnya.

Tak hanya kerja sama, Adhy pun mengenalkan potensi investasi Thailand di Jawa Timur, yang didukung oleh tingginya realisasi investasi Jawa Timur di tahun 2023 yang mencapai Rp 145,1 triliun, serta kemudahan kebijakan untuk Penanaman Modal Asing (PMA).

Dikatakannya, investasi Thailand di Jawa Timur sendiri sejak tahun 2010 hingga tahun 2023, dicatatkan sebanyak 7 bidang usaha di 5 kabupaten dan kota dengan nilai investasi sebesar USD 417.11 juta. Selain itu, terdapat 12 perusahaan dari Thailand di Jawa Timur.

"Kami mengucapkan terimakasih bahwa Thailand terus menginvestasikan dan mengusahakan perusahaan-perusahaan Thailand di Jatim. Kami mengapresiasi hal ini dengan mempertahankan kepercayaan investor. Dengan itu, Thailand juga berkontribusi pada investasi Jatim tahun 2023 yang melampaui target RPJMD, juga melampaui target capaian investasi nasional," ungkapnya.

Baca Juga: Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pemprov Jatim Komitmen Berikan Pelayanan Prima Jemaah Haji

Editor : Ading