Selasa, 23 Jul 2024 22:23 WIB

Gelontorkan Rp600 Juta untuk Beasiswa Pendidikan, SIER Komitmen Dukung Generasi Emas Surabaya

  • Reporter : Redaksi
  • | Rabu, 31 Jan 2024 14:13 WIB
Penyerahan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) kepada Pemerintah Kota Surabaya.

Penyerahan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) kepada Pemerintah Kota Surabaya.

selalu.id - Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menyerahkan bantuan senilai Rp715,2 juta kepada Pemerintah Kota Surabaya.

Sebesar Rp600 juta diantaranya merupakan beasiswa pendiddikan dan Rp115,2 juta sisanya diberikan dalam rupa dua motor roda tiga yang dilengkapi dengan tandon air plastik, mesin pompa air dan engine cleaner.



Program TJSL ini diserahkan langsung Direktur Utama (Dirut) PT SIER Didik Prasetiyono kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga: Dirut SIER Bagikan Tips Memupuk Kepemimpinan Adaptif ke Mahasiswa ITS



Hadir dalam penyerahan itu Komisaris PT SIER, Arif Budi Santoso; Direktur Keuangan Administrasi dan Manajemen Risiko PT SIER, Rizka Syafittri Siergar; Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT SIER, Jefri Ikhwan Ma'aif dan Kepala Departemen TJSL, Puspita Ernawati.

Baca Juga: Sisihkan 400 Perusahaan, SIER Raih Penghargaan ASEAN Risk Award 2024



Sementara dari Pemkot Surabaya, tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Ikhsan; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Erna Purnawati; Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Agus Imam Sonhaji; Asisten Administrasi Umum Febria Rachmanita dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dedik Irianto.

Baca Juga: Dukung Revitalisasi Kota Lama Surabaya, SIER Beri Bantuan Becak Wisata Listrik



Usai menerima program TJSL ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih kepada SIER yang telah menyerahkan program yang dulu bernama CSR (corporate social responsibility) ini. Nantinya bantuan ini akan dipergunakan untuk sebaik-baiknya untuk kebaikan masyarakat Surabaya.

"Saya berterima kasih atas bantuan program TJSL ini untuk Surabaya. Motor roda tiga nanti akan kita pergunakan untuk membersihkan TPS (tempat penampungan sampah) dan penyiraman taman. Kebetulan kami memiliki program mulai Februari ini TPS harus bersih. Bentuk kepedulian SIER untuk menjaga lingkungan yang juga adalah investasi untuk masa depan yang berkelanjutan, di mana kebersihan dan kelestarian alam menjadi pondasi bagi kesejahteraan masyarakat dan tentunya keindahan kota," kata Eri.

Bantuan SIER ini, kata Eri, menjadi bukti harmonisnya antara Pemkot Surabaya dengan dunia usaha. Semua saling bersinergi dan berkolaborasi untuk kemanfaatan Surabaya.

"Apa yang diberikan SIER ini harapannya bisa memberikan semangat kepada perusahaan lain yang ada di Surabaya untuk menjadi bagian pembangunan Surabaya. Semoga ini bisa menjadi amal jariah untuk SIER, pentingnya kolaborasi antara dunia industri dan pemerintah merupakan kunci utama dalam mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan untuk kemajuan Kota Surabaya," ungkapnya.

Sementara itu, Dirut PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan, bantuan program TJSL ini akan semakin menguatkan SIER dalam menyusun roadmap program TJSL, utamanya dalam upaya langkah atisipatif dalam menyambut bonus demografi.

“Pentingnya secara bersama mengantisipasi bonus demografi di Indonesia, ledakan jumlah penduduk usia muda juga merupakan potensi besar untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi, yang perlu dibutuhkan adalah strategi pendidikan, pelatihan, dan penciptaan lapangan kerja yang efektif untuk meraih manfaat optimal dari keberlimpahan tenaga kerja muda. Program SIER Mengajar dan SIER Peduli Beasiswa ini sedikit upaya untuk turut mendorong lahirnya generasi emas" ujar Didik

Untuk bantuan beasiswa ini, lanjutnya, nantikan akan diberikan kepada siswa dari kalangan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dan siswa berprestasi. Dengan nilai beasiswa Rp600 juta, mencakup 555 siswa di 87 sekolah di wilayah Surabaya.

"Sesuai arahan Kementerian BUMN dan Holding PT Danareksa untuk mendorong kami sebagai perusahaan pengelola kawasan industri untuk ikut mengalokasikan program beasiswa kepada siswa berprestasi termasuk prestasi olah raga. Dalam momentum SIER 50 Tahun ini, simbolik kami serahkan kepada Pak Walikota Surabaya," ujarnya.

Dengan diberikannya bantuan program TJSL ini, Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) ini berharap, kolaborasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk dapat melakukan hal yang serupa. “Kita berharap semua perusahaan ikut terlibat dalam mengantisipasi ledakan angkatan kerja atau yang dikenal dengan bonus demografi ini, kualitas angkatan kerja harus mampu menjawab kebutuhan dunia kerja” tandasnya.

Editor : Ading