• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 23 Feb 2024 14:02 WIB

RSJ Menur Siap Terima Caleg Depresi pada Pemilu 2024

Bangsal di RSJ Menur

Bangsal di RSJ Menur

selalu.id - Pemilihan Umum (Pemilu) memang selayaknya disikapi sebagai pesta demokrasi tetapi dalam realitanya pesta demokrasi tersebut juga menyebabkan banyak pergesekan hingga pertarungan politik.

Pergesekan yang sengit selama pesta demokrasi tersebut mau tidak mau akan meningkatkan ketegangan tersendiri, tidak hanya pada pelakunya tetapi juga pada pendukungnya. Lebih jauh, beban mental serta finansial menjadi salah satu konsekuensi logis yang dipikul para pelakunya, terutama mereka yang bersaing di kontestasi pemilihan calon legislatif.

Untuk itu, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Jawa Timur siap menerima para Calon Legistlatif (Caleg) yang depresi dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kami selalu siap, ada pemilihan Caleg atau tidak yang jelas tidak ada penolakan pasien. RSJ menur selalu siap. Bahkan ruangan kami semua lengkap ada untuk visum dan penyakit penyerta kami punya," kata Dirut RSJ Menur, Vitria Dewi saat ditemui selalu.id, Kamis (30/11/2023).

Vitria menyampaikan bahwa RSJ menur memang sudah menyiapkan ratusan tempat tidur yakni total sebanyak 355 bed yang dibagi untuk pasien jiwa maupun non jiwa.

"Ada untuk jiwa dan non jiwa. Kalau untuk non jiwa kami siapkan 40 bed. Maka sisanya 315 itu adalah yang jiwa itupun masih dibagi-bagi karena RSJ menur ini unggulan jiwa," ujar Vitria.

Terkait bangsal atau ruangan khusus untuk Caleg, Vitria menyampaikan bangsal RSJ Menur seperti rumah sakit lainnya yang fasilitasnya ditentukan kelas.

"Bed kita banyak sudah. Yang menyiapkan Rumah Sakit Umum (RSU) menyiapkan khusus bisanya. Kalau disini jumlahnya 355 bed. Saya maunya caleg sukses, gak ada yang sakit, gak ada yang depresi. Kalau disini tinggal memfasilitasi mau di ruang apa (kelas)," ungkapnya.

"Semua ruangan VIP, baik VIP 1 dan 2 maupun kelas 3 ruangannya sama pakai AC dan standar. Berbedanya hanya jumlah bed dalam ruangan," tambahnya.

Lebih lanjut Vitria menjelaskan di Pemilu 2019 memang ada pasien Caleg yang berobat ke RSJ Menur. Namun, ia enggan menyebut secara detail karena menyangkut privasi pasien.

"Sebelumnya (Pemilu 2019 lalu) saya gak ingat. Setelah itu ada banyak pasien dengan latar belakang, mungkin salah satunya (Caleg)," ucapnya.

Maka, Vitria menjelaskan bahwa pasca pemilu lalu tersebut memang RSJ Menur ada peningkatan bed hingga sekarang. Ia menyebut saat ini trend orang mengalami kesehatan mental memang meningkat dan tidak menutup kemungkinan kekalahan dalam kontestasi politik bisa membuat mental seseorang jadi drop.

"Jumlah orang mengalami depresi, masalah mental semakin meningkat. Kenapa Menur banyak bed, berarti kesadaran orang periksa kesehatan mental meningkat. Lebih baik jangan sampai sakit, mencegah tidak sampai depresi dan stres berkepanjangan," ungkpanya.

Sementara Wakil Direktur RSJ Menur Pelayanan Medik dan Keperawatan dr Benediktus Elie Lie menambahkan total untuk tenaga penangan pasien pihaknya  mempunyai 10 Psikiater dan 175 perawat. Untuk sistem pelayanan di RSJ menur sudah terintegrasi kualitas SDM standarilisasi.

"Kita ini rumah sakit rujukan untuk jiwa, kita harus selalu siap kalau ada rujukan harus bisa menangani. Fasilitas, sarpras, SDM harus siap. Pasien membutuhkan kriteria standar kita siap," tegasnya.

Benediktus menjelaskan di RSJ Menur terdapat berbagai ruangan inap yakni VVIP ada 3 bed, VIP 6 bed, kelas 1 ada 24 bed, kelas 2 ada 26 bed, dan kelas 3 ada 212 bed.

"kita ruangan dibagi-bagi, ada pasien untuk penyakit penyerta dan ada ruang Komorbid. Kita juga ada layanan rawat inap, rehabilitasi napza ada 44 bed, itu cukup banyak, udah terisi 41," pungkasnya.

Baca Juga: Diduga Terjadi Pelanggaran, 15 TPS di Mulyorejo Potensi PSU dan Tindak Pidana

Editor : Ading