Sabtu, 20 Jul 2024 19:26 WIB

Ngeri! Warga Surabaya ini Pelihara Buaya Sepanjang 3 Meter di Rumahnya, Minta Dievakuasi

  • Reporter : Ade Resty
  • | Jumat, 10 Nov 2023 21:00 WIB
Buaya sebelum di evakuasi oleh tim BPBD Surabaya

Buaya sebelum di evakuasi oleh tim BPBD Surabaya

selalu.id - Seekor buaya betina dievakuasi dari rumah si pemilik yang berada di Jalan Wonokusumo Wetan IV No.06, Semampir, Surabaya, Kamis (9/11/2023) kemarin.

Informasi yang dihimpun selalu.id, melalui laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya, buaya muara dengan panjang 3 meter sudah dipelihara selama 11 tahun oleh pemiliknya bernama Saiful (51) warga semampir Surabaya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sediakan 1 RW 1 Nakes dan 1 Ambulans per Kelurahan

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Surabaya Buyung Hidayat mengatakan, melalui keterangan pemilik mengaku sudah tidak sanggup memelihara buaya selama belasan tahun.

"Pemilik merasa sudah tidak sanggup untuk memelihara buaya tersebut, dikarenakan untuk ukuran buaya,"kata Buyung, melalui laporannya.

Sehingga pemilik menyerahkan dan meminta bantuan petugas untuk mengevekuasi buaya itu dari rumahnya. Buyung menyebut evakuasi hewan buas tersebut hampir kesulitan karena akses jalan ke lokasi.

"Akses ke lokasi jalan cukup sempit dan saat pagi hari di depan lokasi digunakan pasar tumpah,"ujarnya.

Baca Juga: Ada Aksi Vandalisme di Stadion GBT Surabaya, Begini Tanggapan Eri

Dalam laporan petugas, kata Buyung, dari rumah Saiful tidak ada kandang yang pemanen di sekitar rumah pemilik

"Tidak ada kandang yang permanen yang disiapkan pemilik. Buaya ditempatkan di samping ruang tamu diluar rumah ukuran 1.5 x 6 meter,"tuturnya.

Baca Juga: Pajak Kendaraan Bermotor Sumbang PAD Pemkot Surabaya hingga Rp1.2 T

Petugas pun berhasil melakukan evakuasi dan membawa buaya itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Surabaya di Jalan Kutisari Selatan XIII/39.

"Pengantaran buaya dengan menggunakan pick up BPBD Kota Surabaya sudah sampai di BBKSDA SKW III Surabaya dan diserahterimakan kepada pihak BBKSDA SKW III Surabaya Jl Kutisari Selatan XIII/39 Surabaya,"pungkasnya.

Editor : Arif Ardianto