• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 23 Feb 2024 13:21 WIB

Musim Haji 2023, Bandara Juanda Internasional Siapkan Pelayanan Khusus Jemaah Lansia

Fasilitas Bandara Juanda untuk musim Haji 2023

Fasilitas Bandara Juanda untuk musim Haji 2023

Selalu.id - Menyambut musim haji 2023, Bandara Internasional Juanda melakukan peningkatan pelayanan bagi para Jemaah Calon Haji (JCH). Terutamanya, untuk para jemaah lansia yang menjadi perhatian khusus.

General Manajer Bandara Juanda, Sisyani Jafar mengatakan, pihaknya telah melakukan pelayanan khusus jemaah lansia dengan menyediakan kursi roda, saat keberangkatan ke tanah suci, Mekkah.

Baca Juga: Libur Panjang Nataru, Penumpang Bandara Juanda Capai 556.064 Orang

"Para lansia sudah disiapkan tim khusus, dari bus disiapkan kursi roda," kata Sisyani, kepada selalu.id, Rabu (24/5/2023).

Sisyani menjelaskan, tidak hanya kursi roda saja yang disediakan. Bandara Juanda memastikan para jemaah lansia ini diantar menggunakan kursi roda hingga pesawatnya. Ketika naik pesawat, jemaah lansia akan dibantu dengan lift khusus.

"Untuk naik ke pesawat disiapkan passenger lift, jadi sudah ada alat sendiri untuk jemaah haji lansia," ujarnya.

Kata dia, persiapan khusus jemaah haji lansia memang menjadi perhatian serius tahun ini. Ia menyebut bahwa pemerintah melalui Kementerian Agama membuat kebijakan baru kalau tidak ada batasan umur pada pelaksanaan haji 2023.

Baca Juga: Catat, Jelang Nataru Bandara Juanda Tambah Jam Operasional Penerbangan

"Pada prinsipnya di Surabaya sudah siap untuk melayani yakni kegaiatan Haji ini dan kita mendapatkan 84 kloter mulai hari ini sampai 22 Juli 2023 mendatang," jelasnya

Diketahui berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, tercatat sebanyak 28 jemaah lansia yang tergabung dalam kloter 1 dari total jemaah sebanyak 445 jemaah asal Bangkalan. serta lima petugas haji. Total yang berangkat ialah 450 orang.

Keberangkatan jemaah pada kloter pertama ini menggunakan pesawat jenis Boeing 747-400 yang bermuatan 450 kursi.

Baca Juga: Bandara Juanda Prediksi Kenaikan Penumpang hingga 35 Persen

"Hari ini ada 3 kloter ke Jeddah. Satu kloter 450 penumpang. Pesawat dijadwalkan take-off pukul 09.15 WIB. Nah, lima kursi yang tersisa akan dipakai oleh para petugas haji. Pada kloter I ada empat laki-laki dan satu perempuan," sambungnya.

Selain kloter pertama tersebut, Embarkasi Surabaya tahun 2023 ini akan melayani jemaah haji sejumlah 36.928 orang yang tergabung di 84 kloter. JCH dari Jatim 35.152 orang, Bali 698 orang, dan dari NTT 668 orang. Petugas kloter 420 orang. (Ade)

Editor : Ading