• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 14 Apr 2024 20:31 WIB

Rekapitulasi Suara Masih 67 Persen di Surabaya, KPU Targetkan Selasai 2 Maret

Foto: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi

Foto: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi

selalu.id - KPU Surabaya menyebut rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) presiden dan legislatif di tingkat kecamatan Kota Surabaya masih 67 persen. Padahal jadwal seharusnya tuntas Sabtu (24/2/2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan  berdasarkan PKPU 5 Tahun 2024, rekapitulasi berjenjang tingkat kecamatan mulai 16-24 Februari 2024.

“Di tingkat kota 17 Februari-5 Maret, kita usahakan bisa selesai sesuai tahapan,” kata Syamsi, Selasa (27/2/2024).

Ia menyebut, kecamatan yang belum tuntas karena jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di atas 300.

“Belum memungkinkan selesai hari ini. Yang dibawah 200 TPS insyaAllah selesai satu sampai dua hari, dan kemudian berlangsung terus,” bebernya.

Ia menarget, sebagian kecamatan dengan jumlah TPS di atas 300 akan tuntas 2 Maret 2024.

“Hampir ada 13 kecamatan yang di atas 300 TPS. Tentu tidak kita samakan kemampuan rekapitulasi masing-masing kecamatan yang salah satu faktor jumlah TPS-nya banyak,” imbuhnya.

Namun, Syamsi minta jajaran mengutamakan kehati-hatian dalam rekapitulasi suara.

“Jadwal harus tepat waktu, cepat boleh tapi hati-hati jadi kewajiban agar suara masyarakat tidak ada yang hilang. Maka kehati-hatian begitu penting dan akan sebanding dengan waktu yang dibutuhkan,” bebernya lagi.

Lebih lanjut Syamsi menyampaikan bahwa dirinya menjamin ketersediaan petugas untuk rekapitulasi di tingkat kecamatan sudah sesuai dengan kebutuhan.

“Saya pikir satu panel bisa empat orang, yang satu membaca, dua membantu buka c hasil plano, tiga entry Sirekap, empat wira-wiri ngambil kotak. Kita hitung di kecamatan ada lima PPK dan tiga sekretariat, PPS ada tiga petugas, tiga sekeretariat. PPK bukan hanya lima orang, tapi tiga sekretariatnya, termasuk PPS. Tiga ketua anggota PPS, tiga sekretariat,” tandasnya.

Baca Juga: Tokoh Masyarakat Sumenep Ajak Warga Tetap Rukun dan Damai Terima Hasil Pemilu 2024

Editor : Ading