Sabtu, 20 Jul 2024 18:44 WIB

PLN Gelar Inspeksi Keselamatan Kerja Serentak di 22 Unit Induk

PLN

PLN

selalu.id - Sebagai upaya meningkatkan awareness dan mengingatkan kembali akan pentingnya implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), PT PLN (Persero) menggelar Inspection Day di lapangan kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan.

Acara yang digelar dalam rangka Bulan K3 Nasional ini diikuti secara serentak di 22 Unit Induk Distribusi dan Unit Induk Wilayah yang dipimpin langsung oleh Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto.

Sementara, pada saat memberikan arahan, Adi Priyanto memaparkan kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen seluruh insan PLN dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan.

"Keselamatan bukan hanya menjadi tanggung jawab K3, melainkan harus menjadi tanggungjawab kita semua. Setiap pegawai, dari pekerja lapangan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar dalam menjaga keselamatan kerja," ungkapnya kepada selalu.id, Jumat (2/2/2024).

Selain untuk meningkatkan awareness terkait budaya K3 diseluruh unit PLN, kegiatan ini juga sebagai wadah mengajak pegawai dan mitra kerja untuk melaksanakan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan kembali pulang dengan One Piece, artinya lengkap, sehat dan selamat demi keluarga di rumah sehingga harapan mencapai Zero Accident dapat terwujud dengan nyata.

Dalam kegiatan tersebut PLN menyiagakan pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Pelayanan Teknik (Yantek) serta menggelar peralatan. Mengecek kelengkapan personel, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo berharap agar kegiatan inspeksi terus dilakukan secara rutin untuk meningkatkan pengawasan dalam implementasi pekerjaan dan penerapan K3 di lapangan.

"Peringatan Bulan K3 Nasional tahun ini di Jawa Timur diwarnai beragam kegiatan. Mulai dari sosialisasi dan edukasi keselamatan kerja kepada pegawai maupun masyarakat, donor darah, apel K3, penanaman pohon produktif, senam pekerja sehat, seminar K3 dan program charity," terang Agus.

Lebih lanjut ia berharap melalui rangkaian kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran akan keselamatan kerja baik di lingkungan internal maupun eksternal serta menerapkan prinsip kehati-hatian dalam implementasinya.

Baca Juga: Budaya Energi Bersih, Kecamatan Dongko Pionir Pengguna REC di Jawa Timur

Editor : Ading