Rabu, 22 Mei 2024 02:18 WIB

Polisi Tetapkan 4 Tersangka Pada Kasus Pemulangan Paksa Jenazah Covid-19 di Surabaya

  • Reporter : Ade Resty
  • | Jumat, 12 Jun 2020 14:30 WIB

Surabaya (selalu.id) - Polisi menetapkan 4 tersangka pada kasus membawa pulang paksa jenazah pasien positif covid-19 di Surabaya.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan para saksi, 4 orang ditetapkan tersangka dalam kasus pemulangan paksa jenazah pasien yang diketahui positif covid-19 di Rumah Sakit Paru Karang Tembok, Semampir, Surabaya.

Baca Juga: Rumah Sakit Lapangan Indrapura Resmi Ditutup, Covid-19 di Jawa Timur Tamat?

"Penyidik Polda Jatim sudah menetapkan empat tersangka atas kejadian tersebut," ujarnya, Jumat (12/6/2029). 

Keempat tersangka tersebut merupakan keluarga dari almarhum yang jenazahnya dibawa pulang paksa. Mereka adalah MI (28), MA (25), MK (23) dan MB pamungkas (22). Semuanya warga Pegirian, kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

Baca Juga: Begini Cara Pemkot Surabaya Mengatasi Covid-19 hingga Kasusnya Menurun Drastis

Keempat tersangka ini tidak langsung menjalani penahanan. Namun, karena berkontak langsung dengan jenazah yang positif covid-19, mereka pun langsung dibantarkan ke rumah sakit untuk di karantina dengan status Orang Dalam Resiko (ODR).

Keempat tersangka dijerat dengan Undang-Undang wabah penyakit, Undang-Undang Karantina dan KUHP pasal 214 dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. 

Baca Juga: Surabaya Terima Bantuan Alat Pendeteksi Lendir untuk Covid-19

Sebelumnya, beredar viral sebuah video yang memperlihatkan puluhan orang membawa pulang paksa jenazah seorang pasien dari RS Paru Karang Tembok Surabaya. Mereka membawa pulang jenazah tersebut dengan mengindahkan protokol pemulasaran kesehatan yang telah ditetapkan.

Editor : Redaksi