Senin, 15 Jul 2024 04:00 WIB

PKB Tak Mau Usung Cagub Dari Partai Lain, Gimana Nasib PDIP?

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 26 Jun 2024 19:18 WIB
Foto: PKB

Foto: PKB

selalu.id - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur memastikan   pihaknya hanya usung menjadi Calon Gubernur (Cagub) dan memastikan untuk tidak mengusung Calon Wakil Gubernur  (Cawagub) di Pilkada Jawa Timur.

Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi menegaskan, pihaknya tak akan menjadi Cawagub siapapun. Terlebih lagi, dari partai koalisi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Masuk Bursa Pilgub Jatim, PKB Jajaki Koalisi PPP?

“PKB mengusung Cagub bukan Cawagub [Jatim],” kata Fauzan, Rabu (26/6/2024).

Menurutnya, PKB bisa secara mandiri mengusung siapa Cagub ataupun Cawagub Pilkada Jatim tanpa harus berkoalisi dengan partai manapun.

Sebab, PKB Jatim merupakan pemenang pemilu di kursi DPRD Jatim. Karena perolehan kursi mereka di Pileg 2024 lalu mencapai 4.517.228 suara, atau setara dengan 27 kursi DPRD Jatim. PKB pun jadi juara di Indrapura.

Baca Juga: Risma, Pramono Anung, Azwar Anas Disimulasi PKB Dampingi Kiai Marzuki di Pilgub Jatim

Sementara untuk posisi Cawagub, ia mengatakan partainya siap berkoalisi dengan partai-partai lain yang belum menentukan arah politik di Pilgub Jatim 2024.

“Cawagub akan di musyawarahkan bersama partai koalisi yang akan bergabung,” ucapnya.

Lebih lanjut Fauzan menyampaikan PKB Jatim sejauh ini masih melirik mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuki Mustamar untuk diusung di Pilgub Jatim 2024. “PKB masih concern ke Kiai Marzuki,” kata dia.

Baca Juga: Potensi Risma Maju Pilgub, Fuad Benardi Ungkap Pola Komunikasi Keluarganya

Meskipun begitu, keputusan final soal siapa sosok yang bakal diusung PKB, kata Fauzan, hal itu tetap ada di DPP PKB.

“Perkembangan lebih jauhnya kami belum tahu, karena ini semua adalah kewenangan DPP. DPW akan patuh apapun keputusannya DPP,” pungkasnya.

Editor : Ading