Rabu, 26 Jun 2024 01:22 WIB

Eri Cahyadi Getol Kembangkan SNL, Begini Kata Pengamat

  • Reporter : Ade Resty
  • | Senin, 03 Jun 2024 17:04 WIB
Pemuda SNL

Pemuda SNL

selalu.id - Surabaya Next Leader (SNL) adalah program kepemudaan yang digagas oleh Wali Kota Eri Cahyadi untuk mencari pemimpin guna membangun Kota Pahlawan lebih baik. SNL ini dibentuk juga untuk mewujudkan Generasi Emas di tahun 2045.

Untuk mewujudkan program SNL ini, Eri Cahyadi ini getol memupuk potensi anak muda menjadi pemimpin Kota Surabaya.

Dia mendorong setiap perkampungan RT untuk mewakilkan minimal sebanyak tiga muda. Kemudian, membuat kegiatan khusus seperti musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

Akan tetapi apa sebenarnya fungsi dan layaknya program SNL di Surabaya, padahal banyak kelembagaan kepemudaan yang melahirkan bibit-bibit pemimpin.

Menanggapi itu, Pengamat tata kota dari Intititut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Profesor Johan menilai bahwa selain SNL sebetulnya lembaga untuk meyiapkan pemimpin itu sudah banyak. Contohnya saja pramuka.

“Saya melihat bahwa kelembagaan kepemudaan itu banyak ya saya ambil contoh pramuka. Itu kan kelembagaan bahkan diwajibkan ekstakulikuler itu baik-baik saja. Di kampung juga punya karang taruna, tapi sifatnya agak beda,” kata Profesor Johan kepada Selalu.id, Senin (3/6/2024).

Menurutnya kalau Karang Taruna sebagai tempat wadah yang lebih banyak untuk pemuda yang ingin mengahlikan bakat dan minat keinginannya.

“Jadi karang taruna bisa dibilang olahraga, seni, bisa dibilang ekonomi. Lebih leluasa, tapi agak beda lembaga yang diarahkan kepimpinan gitu. Karang taruna kan ndakharus menjadi pemimpin,” jelasnya.

Profesor Johan menilai kembali bahwa SNL yang digagas Wali Kota Eri Cahyadi itu bagaimanapun pemimpin itu sangat diperlukan. Sehingga, SNL ini disiapkan sosok pemimpin selanjutnya di Surabaya.

“Mungkin Eri melihat Surabaya identitas arahnya menghasilkan pemimpin maka dia mengambil gagasan itu. Jadi bukan sekedar gagasan biasa lebih dari biasa tapi juga tidak luar biasa,” tambahnya.

Lebih lanjut Profesor Johan juga mengungkapkan program SNL ini juga tidak luar biasa. Karena dia menilai sudah banyak kelembagaan kepumudaan tempat lain, misalnya organisasi di kemahasiswaan.

“Perguruan tinggi, BEM itu juga dalam rangka mengalangkan kepimpinan. Banyak dari mereka menjdi pemimpin betul,” ungkpanya,

Tetapi dia juga menilai SNL juga luar biasa karena ada kelembagaan khusus untuk mencari pemimpin yang baik untuk masa depan Kota Surabaya.

“Kalau luar biasa belum ada yang sendirian (SNL). Tapi juga sekedar biasa biasa saja tapi ini lebih dari biasa,” ucapnya.

“Saya ingin menekankan bahwa upaya pak Eri ini bagus sebab ada banyak remaja yang tidak tertampung dlm lembaga yang sudah serta mempercepat tambahan leader di kalangan remaja,” terangnya.

Ketua SNL Andranata Prasetya menyampaikan kelembagaan ini berbeda dengan karang taruna, meski mempunyai kesamaan untuk bergerak bidang sosial.

Tetapi, SNL ini khusus untuk membuat kaderisasi kepimpinan untuk gen milenial dan gen Z untuk maju Indonesia Emas 20245.

“ SNL berbeda naungannya. Kalau Karang Taruna di bawah naungan Dinsos Kota atau Kemensos. Sedangkan kalau SNL independen, tidak di bawah naungan siapapun, tapi sinergis pergerakannya sangat dekat dan erat kaitannya dengan seluruh perangkat dari Pemerintah Kota Surabaya. Sehingga  tidak terfokus/terbatas hanya satu dinas saja,” pungkasnya.

Baca Juga: Dorong Keterlibatan Anak Muda, Wali Kota Eri Buat Rumah Surabaya Next Leader

Editor : Yasin