Sabtu, 20 Jul 2024 20:44 WIB

Sirkulasi Siklonik, Beberapa Daerah di Jatim ini Diperdiksi Hujan Disertai Angin

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 22 Des 2021 01:45 WIB
ilustrasi awan gelap. Foto: Istimewa

ilustrasi awan gelap. Foto: Istimewa

Surabaya (selalu.id) - Badan Meteorologoi Klimatologi dan Geofisika memperingatkan potensi hujan disertai angin kencang di beberapa wilayah di Jawa Timur, Rabu (22/12/2021).

Dalam akun instagram @infobmkgjuanda menyampaikan, bahwa kecepatan angin cukup tinggi di beberapa wilayah Jawa Timur, terutama di wilayah selatan.

Baca Juga: Gempa Beruntun di Pulau Bawaen Menurun, Warga Diajak Perlahan Pulih dari Trauma

"Seperti, Pacitan, Ponorogo, Tulungagung, Tranggalek, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi," jelas keterangan BMKG, dikutip di akun instagram resmi @infobmkgjuanda update, Selasa (21/12/2021).

BMKG menyampaikan, hasil analisis menunjukkan peningkatan kecepatan angin tersebut karena adanya sirkulasi siklonik di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: BMKG Catat 150 Kali Gempa Susulan, PLN Pastikan Kelistrikan Aman di Jatim

Hal itu disebabkan pusat atmosfer yang bertekanan rendah di laut Jawa sebelah utara, Jawa Tengah. Sehingga menarik udara di wilayah sekitar Jawa Timur.

"Seperti putaran gasing yang masuk ke dalam atau menuju ke sumbunya. Dalam hal ini pusatnya ada di laut Jawa yang telah disebutkan sebelumnya," dalam keterangannya. Sehingga hal tersebut yang menyebabkan peningkatan kecepatan angin wilayah Jatim.

Baca Juga: Tercatat Gempa di Tuban Capai 64 Kali, Terasa hingga Surabaya

BMKG menambahkan, sebagai catatan bahwa aliran siklonik ini masih kategori pusat armosfer bertekanan rendah (low presseru area). Hal ini Berbeda dengan siklon tropis yang memiliki pusat tekanan sangat rendah dengan dampak yang lebih parah. (Ade/SL1)

Editor : Redaksi