• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 10:35 WIB

Pendaftaran Dibuka, Belum Ada Paslon Cagub dan Cawagub Daftar, Ada Apa?

Foto: KPU Jatim

Foto: KPU Jatim

selalu.id - Pendaftaran calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Timur dari jalur independen atau perseorangan yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim mulai 8-12 Mei ternyata sepi peminat.

Pasalnya, hingga batas akhir pendaftaran di KPU Jatim, tidak ada satupun paslon jalur non parpol itu yang mendaftar. Dari data KPU Jatim, pendaftaran perseorangan itu dilakukan dengan penyerahan syarat dukungan minimal dari pasangan calon (paslon) kepada KPU.

Dukungan dimaksud yakni 2.041.185 berupa KTP dan tersebar di minimal 20 kabupaten/kota di Jawa Timur. Dikatakannya, hingga saat ini masih belum ada yang mengajukan permohonan akses Silonkada dan belum ada yang menyerahkan jumlah dukungan.

"Hingga Minggu (12/5/2024) pukul 23.59 WIB, tidak ada yang mengajukan permohonan akses Silonkada dan tidak ada yang menyerahkan jumlah dukungan minimal pemilih dan sebaran kabupaten/kota atau nihil," tegas Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi saat ditemui selalu.id, Selasa (14/5/2024).

Meski tidak ada satu pun pendaftar yang merapat di KPU Jatim, namun KPU Jatim memastikan tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran. Sehingga, dipastikan Pilgub Jatim 2024 mendatang tidak akan ada pasangan calon perseorangan atau independen. Praktis nantinya hanya akan ada paslon yang diberangkatkan oleh parpol.

Sebagaimana tahapan Pilkada 2024, masa pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dari jalur parpol masih akan dibuka pada akhir Agustus mendatang. "Untuk pendaftaran jalur perseorangan tidak ada perpanjangan waktu," tukasnya. 

Baca Juga: Tokoh PWNU Ini Berpotensi Diusung PKB Maju Pilgub Jatim

Editor : Ading