• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 23:02 WIB

Seleksi KPU Jatim, 10 Besar Diusulkan Naik ke Pusat, Tiga dari Surabaya

Logo KPU

Logo KPU

selalu.id - Tim seleksi (Timsel) calon anggota KPU kabupaten kota telah menjaring sepuluh nama, yang akan diusulkan ke KPU RI. Tiga diantaranya berasal dari KPU Surabaya.

Diketahui anggota pengurus KPU Surabaya periode 2019-2024 akan berakhir pada Juni 2024.

Baca Juga: Hanya Ada Enam Paslon Independen di Pilkada 2024, Begini Tanggapan KPU Jatim

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur III (Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Sidoarjo dan Kota Surabaya), Sasongko Budisusetyo mengatakan, sepuluh besar di masing-masing kabupaten dan kota telah diusulkan ke KPU RI.

Setiap calon anggota KPU di masing-masing kabupaten dan kota yang masuk sepuluh besar, kata Sasongko, telah menyelesaikan tahapan seleksi. Yakni tes kesehatan dan wawancara, yang dilakukan secara teliti dan seksama.

"Wawancara digunakan untuk menguji aspek-aspek integritas kemampuan ke-Pemilu-an dan kepemimpinan," kata Sasongko, Minggu (27/04/2024).

Sasongko mengungkapkan, di masa tanggapan masyarakat yang dimulai pada 8 hingga 13 April 2024 lalu, banyak tanggapan dari masyarakat yang masuk, terkait rekam jejak calon anggota KPU kabupaten dan kota.

"Kami telah mengkonfirmasi pada saat wawancara, baik tanggapan masyarakat yang positif, maupun sisi negatif calon. Menurut pendapat saya, semua calon sangat bagus," ungkapnya.

Baca Juga: Tak Lolos Jadi Bacawalkot Independen Pilwali Surabaya, Asrilia Tetap Legowo

Ia mengaku sempat kesulitan dalam menentukan sepuluh besar calon. Namun dengan pertimbangan seleksi dan penilaian profesional. Telah menetapkan calon-calon terpilih 10 nama calon di tiap kabupaten kota diusulkan kepada KPU RI.

Dari sepuluh nama calon anggota KPU kabupaten dan kota, kata Sasongko, terdapat beberapa nama lama, tapi ada juga nama baru yang turut serta ikut seleksi.

"Nah, selanjutnya KPU RI akan melakukan fit and proper test. Kemudian akan menetapkan 5 komisioner KPU terpilih di setiap kabupaten kota," jelasnya.

Sasongko berharap, para komisioner terpilih bisa langsung bekerja dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 pada 27 November nanti. Sebab, KPU RI telah melaunching tahapan Pilkada, pada 1 April 2024 lalu, di Kawasan Candi Prambanan.

Baca Juga: Perjuangkan PKL Kenjeran, Warga Pesisir Doakan Arif Fathoni jadi Wali Kota Surabaya

Berdasarkan Undang-undang 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. Peraturan KPU (PKPU) 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

"Semoga para komisioner KPU kabupaten dan kota terpilih, mampu mengemban amanah rakyat dalam menjaga kualitas demokrasi di masing-masing kabupaten dan kota," pungkasnya.

Berikut nama-nama calon anggota KPU Kota Surabaya:
1. Afdolu Nasikin
2. Bakron Hadi
3. Budi Setiawan
4. Danang Siswoyo Saputro Sari
5. Jatayu Kresna Tama
6. M. Mundir
7. Naafilah Astri Swarist
8. Nurul Hidayati
9. Soeprayitno
10. Subairi

Editor : Arif Ardianto