• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 11:35 WIB

Indonesia Menyala di Adu Penalti Kalahkan Korsel di Piala AFC

  • Reporter : Redaksi,
  • Jumat, 26 Apr 2024 19:41 WIB
Foto: Indonesia vs Korsel di Piala AFC

Foto: Indonesia vs Korsel di Piala AFC

selalu.id -Kekuatan fisik dan mental yang luar biasa dari para punggawa Garuda Muda mengantarkan ke semifinal AFC Piala Asia U-23 pada kemenangan. Punggawa Garuda Muda ini menyingkirkan favorit juara Korea Selatan dalam drama adu pinalti yang luar biasa sengitnya 2-2 (Adu pinalti 11-10) di stadion Abdullah bin Nasser, Doha, Qatar, Kamis (25/4/2024)


Determinasi yang luar biasa dimainkan oleh Rizky Ridho dkk ini membuat Korea Selatan yang merupakan favorit juara yang dalam babak grup tidak pernah kebobolan itu kalang kabut. Begitu peluit wasit Shaun Evans dibunyikan, para punggawa Garuda Muda bermain menyerang.

Garuda muda bahkan unggul terlebih dahulu lewat tendangan luar biasa dari Rafael Struick menit ke-15. Gol ini benar-benar mengagetkan Korea Selatan yang mana sebelumnya bisa unggul namun, dianulir oleh VAR. Serangan bertubi-tubi Korea Selatan ke Indonesia membuahkan hasil ketika sundulan Eom Ji-Sung mengenai bek Komang Teguh dan meluncur ke gawang Ernando Ari.

Di sini kematangan mental para Garuda Muda terlihat ketika Rafael Struick berhasil membuat Indonesia unggul lagi lewat sontekannya melewati kiper Baek Jong-Beom setelah mengelabui dua bek Korea Selatan. Babak pertama selesai dengan keunggulan Indonesia 2-1.

Di babak kedua, intensitas penyerangan Korea Selatan bertambah dengan masuknya tiga pemain baru untuk meningkatkan penyerangan. Petaka terjadi di menit-70 ketika, benturan antara bek Justin Hubner dengan Lee Young-Jun berbuah kartu merah, yang mana awalnya kartu kuning kemudian setelah wasit melihat VAR maka, diputuskan kartu merah.

Keunggulan jumlah pemain ternyata tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Garuda Muda. Justru di menit ke-84 lewat skema serangan balik, Korea Selatan menyamakan keunggulan 2-2 lewat Jeong Sang-Bin. Skor tetap 2-2 dan dilanjutkan babak perpanjangan.

Babak perpanjangan saling serang tetap terjadi dan yang patut diapresiasi oleh anak-anak Garuda Muda yaitu fisiknya yang luar bisa dan stabil bermain 120 menit. Tidak ada tambahan gol sehingga babak dilanjutkan dengan adu pinalti.

Korea Selatan mulai dahulu dengan Kim Min-Woo berhasil menjalankan tugasnya kemudian, Indonesia lewat Ramadhan Sananta juga berhasil mengelabui kiper Baek Jong-Beom. Indonesia mempunyai asa ketika tendangan Kang Sang-Yoon berhasil diblok kiper Ernando Ari namun, sayangnya tendangan Arkhan Fikri melebar di sisi gawang Baek Jong-Beom.

Akhirnya bintang utama pertandingan yaitu Ernando Ari berhasil menghentikan tembakan Lee Kang-Hee di mana Pratama Arhan berhasil mengeksekusi pinalti. Hal ini membuat Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya di Piala Asia U-23 dan semakin dekat peluang lolos ke Olimpiade 2024 di Prancis.

Kemenangan Indonesia ini memupuskan asa Korea Selatan untuk lolos ke Olimpiad ke-10 secara beruntun. Indonesia akan menunggu lawan di semifinal antara Arab Saudi atau Uzbekistan.

Daftar Pemain :
Korea Selatan : Baek Jong-Beom; Lee Tae-Seok (Kang Sang-Yoon’46), Cho Hyun-Taek, Hwang Jae-Won, Byeon Jun-Soo; Paik Sang-Hoon, Lee Kang-Hee, Kim Dong-Jin (Jang Si-Young’80); Eom Ji-Sung (Hong Yun-Sang’75), Hong Si-Hoo (Jeong Sang-Bin’46), Kang Seong-Jin (Lee Young-Jun’46)

Baca Juga: Tokoh-tokoh Ini Paling Populer Jelang Pilwali Surabaya 2024


Indonesia : Ernando Ari; Rizky Ridho, Komang Teguh (Muhammad Ferarri’46), Justin Hubner; Rio Fahmi (F. Rahman’65(Jeam Sroyer’100)), Ivar Jenner (Arkhan Fikri’100), Nathan Tjo-A-on, Pratama Arhan; Marcelino Ferdinan, Witan Sulaeman (Rahamdhan Sananta’105), Rafael Struick

Baca Juga: Indonesia Peringkat Empat Piala AFC, Masyarakat Bangga Dukung Garuda Muda

Editor : Ading