Rabu, 19 Jun 2024 23:07 WIB

KPU Surabaya Optimis Tahapan Rekapitulasi Selesai Besok

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 03 Mar 2024 19:48 WIB
Kantor KPU Surabaya

Kantor KPU Surabaya

selalu.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menyebut sebanyak 15 Kecamatan telah menyerahkan hasil rekapituasi perhitungan suara Pemilu 2024 tahapan tingkat Kota.

"Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota dimulai 28 Februari hingga hari ini 3 Maret 2024. Selama lima hari itu kami menuntaskan 15 dari 31 kecamatan yang ada di Surabaya," kata Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Suprayitno, saat ditemui selalu.id.

Baca Juga: Inilah Daftar Nama Calon Anggota KPU Terpilih di 36 Kabupaten Kota Se Jawa Timur

Nano sapaan akrabnya mengatakan dari 31 Kecamatan, 15 yang sudah menyerahkan. Artinya, hampir separuh yang sudah selesai, sisanya masih berupaya menyelesaikan rekapitulasi suara di wilayahnya.

"Hingga 3 maret pukul 15.00 WIB, masih menyisakan sekitar 11 kecamatan untuk unggah sirekap ini terus dikebut. Insyaallah nanti malam ada proses signifikan," ujar Nano.

Ia menjelaskan 15 kecamatan yang sudah selesai itu dipastikan sudah tidak ada kendala atau dinyatakan sah hasil rekapitulasinya.

Sudah disaksikan Bawaslu dan jajarannya terus saksi lintas partai politik termasuk saksi DPD maupun Paslon pemilihan presiden dan wakil presiden untuk 15 kecamatan ini dinyatakan sah, untuk semua jenis pemilu. Mulai pilpres pileg provinsi dan kota," tegasnya.

Meskipun adanya dinamika di forum Rekapitulasi tingkat Kota ini. Ia menyebut sudah secara tidak langsung dalam rapat pleno menjadi ajang klarifikasi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Di forum rapat pleno saksi bisa bertanya langsung kepada PPK dari kecamatan yang ada tentang kabar beredar. Disitu dijawab akhirnya tidak ada masalah," jelasnya.

"Ada input data secara manual sebagai rujukan untuk mereka menyandingkan suara di tingkat kota, itukan bisa saja muncul potensi selisih namun ketika rujukannya adalah D hasil kecamatan terkait jenis pemilu yang ada. Artinya di hasil kecamatan yang dimiliki saksi dan bawaslu maupun KPU itu disandingka maka itu linear,"imbuhnya.

Lebih lanjut Nano menyampaikan, KPU Surabaya berharap besok tanggal 4 Marer 2024 seluruh kecamatan yang ada di Surabaya sudah selesai. Terlebih lagi, Rekapitulasi tingkat Provinsi Jatim sudah mulai berjalan.

Baca Juga: Ini Arti Maskot 'Si Mbois' Karakter Buaya KPU untuk Pilwali Surabaya

"Harapannya rekapitulasi tingkat provinsi sudah berjalan. Surabaya, Banyuwangi, dan kabupaten kota lainnya masih belum tuntas. Artinya tak hanya Surabaya yang mengalami kondisi seperti ini," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk tahap rekapitulasi suara, hari ini baru kecamatan Asemrowo. Kemudian, nantinya kemungkinan akan disusul oleh kecamatan Bubutan, Mulyorejo, Tenggilis, serta Kenjeran.

"Mudahan-mudahan sudah ada konfirmasi, nanti malam sehingga langsung melakukan penyampaian rekapitulasi hasil," pungkasnya.

Berikut update sementara proses rekapitulasi tingkat Kota Surabaya:

- 28 Februari 2024 : kec Karangpilang Kec.Benowo

Baca Juga: KPU Surabaya Bakal Setel Jingle Pemilu di tiap Traffic Light Jelang Pilkada

- 29 Februari 2023 :Kec. Tambaksari Kec. Dukuh Pakis

- 1 Maret: Kec. Genteng, Kec. Pakal

- 2 Maret: Kec. Simokerto, Kec. Wiyung, Kec. Gunung Anyar, Kec. Jambangan, Kec. Lakarsantri, Kec. Rungkut, Kec. Bulak.

- 3 Maret: Kec. Gayungan, Kec. Asemrowo

Editor : Arif Ardianto